Buka Pintu Masuk Wisatawan dari China, Jokowi: Imunitas Kita Terhadap Covid-19 Sudah Baik

| 20 Jan 2023 15:46
Buka Pintu Masuk Wisatawan dari China, Jokowi: Imunitas Kita Terhadap Covid-19 Sudah Baik
Presiden Jokowi (Antara)

ERA.id - Pemerintah Indonesia memastikan tidak akan membatasi kunjungan wisatawan asing dari negara manapun, temasuk China. Meskipun sejumlah negara mencatat adanya kenaikan angka kasus Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah tidak akan memberlakukan isolasi mandiri bagi pelaku perjalanan internasional di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Enggak ada, enggak ada," kata Jokowi di sela-sela kunjungan ke kawasan wisata Bunaken, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/1/2023).

Terkait dengan kekhawatiran penyebaran Covid-19 yang dibawa oleh wisatawan asing, terlebih diprediksi awal Februari bakal banyak berdatangan turis asal China.

Jokowi memekankan bahwa pemerintah tetap mengedepankan protokol kesehatan walaupun sudah tidak diberlakukan lagi pengecekan maupun isolasi mandiri bagi pelaku perjalanan internasional.

Lagipula, menurutnya seluruh warga negara China yang hendak bepergian ke luar negeri sudah dicek kesehatan sebelum meninggalkan negaranya.

"Yang paling penting protokol kesehatan. Tetapi saya lihat di Tingkok sendiri yang mau keluar juga sudah dicek semua oleh negara mereka, jadi kita enggak perlu khawatir," kata Jokowi.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat tak perlu khawatir. Sebab, tingkat imunitas terhadap Covid-19 sudah tinggi.

"Yang kedua juga imunitas kita ini sudah pada posisi kekebalan komunitas sudah baik, di angka 98,5," kata Jokowi.

Rekomendasi