Proyek Galian Pipa Gas PGN di Kota Tangerang Meledak, Pipa PDAM dan 4 Rumah Rusak

| 26 Jan 2023 22:26
Proyek Galian Pipa Gas PGN di Kota Tangerang Meledak, Pipa PDAM dan 4 Rumah Rusak
Galian pipa instalasi bawah tanah proyek PGN di Perumahan Wisma Harapan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang yang meledak. (BPBD Kota Tangerang)

ERA.id - Galian proyek instalasi pipa gas bawah tanah milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Perumahan Wisma Harapan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang meledak. Akibatnya, empat rumah di kawasan itu rusak ringan.

"Ledakan itu terjadi saat para pekerja PGN lagi melakukan uji coba pipa gas yang telah terpasang itu," ucap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPBD Kecamatan Periuk, Syahrial, Kamis (26/1/2023). 

Syahrial menuturkan, saat uji coba itu pun ledakan terjadi di lokasi kejadian. Tanah galian yang menumpuk berhamburan ke jalan.

"Insiden itu menimbulkan kerusakan empat unit rumah warga setempat," ucap dia.

Syahrial menjelaskan, selain rumah warga ledakan itu juga merusak jaringan pipa perusahaan daerah air minum (PDAM) dan jaringan kabel internet. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam atas ledakan tersebut. 

"Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan materi saja. Jaringan internet dan PDAM pun terganggu," katanya.

Syahrial menambahkan, berdasarkan keterangan PGN, jika perusahaan tersebut telah mengadakan musyawarah dengan warga terkait ganti rugi tersebut. 

"Jadi untuk ganti ruginya, nanti ada penandatanganan surat pertanggung jawaban oleh kelurahan dengan pihak PGN," jelasnya.

Rekomendasi