Anies Gelar Pertemuan Tim Kecil, Minta Ketegasan Demokrat dan PKS soal Koalisi dan Dukungan Capres 2024

| 27 Jan 2023 17:25
Anies Gelar Pertemuan Tim Kecil, Minta Ketegasan Demokrat dan PKS soal Koalisi dan Dukungan Capres 2024
Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono dan jajaran perwakilan Partai NasDem, PKS dan Demokrat (Istimewa)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar pertemuan Tim Kecil yang berisi perwakilan dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Perwakilan Tim Kecil dari Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan, pertemuan kali ini secara khusus untuk membahas perkembangan sikap masing-masing partai politik terkait koalisi dan persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini bertemu untuk mendengar berbagai progres atau update dari masing-masing partai politik," kata Said.

Dia lantas menyinggung sikap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait koalisi dan dukungan terhadap Anies sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Menurutnya, Partai Demokrat secara resmi mendukung pencalonan Anies sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang. Dengan begitu, syarat pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen hampir terpunuhi.

"Kemarin Pak Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan itu," kata Said.

"Kita syukuri ini sebagai suatu progres. Karena dengan begitu, maka kita sudah mendekati 20 persen," imbuhnya.

Lebih lanjut, Said berharap PKS juga segera memberi ketegasan sikap yang sama seperti Partai Demokrat.

Dia memastikan, Anies maupun Partai NasDem dan Partai Demokrat akan menunggu proses di internal PKS.

"Insyaallah, kita doakan mudah-mudahan, teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu. Kita tunggu proses internal yang sedang berjalan dalam proses finalisasi, mudah-mudahan," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Riefky Harsya kembali menegaskan sikap partainya yang telah disampaikan oleh AHY.

Dia memastikan Partai Demokrat bakal mengikuti jejak Partai NasDem untuk mengusung Anies sebagai capres di Pilpres 2024.

"Katua Umum kami telah menyampaikan posisinya secara terang benderang terkait untuk mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," kata Riefky.

Sementara Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Shohibul Iman juga menegaskan hal yang sama. Namun, terkait dengan dengan dekarasi dukugan dan koalisi, hal itu masih dibahas di internal partainya.

"Saya terlibat di tim kecil ini menunjukan bahwa memang PKS dukung Anies. Masalah deklarasi kapan, itu adalah proses internal kami. Jadi kami tuntaskan itu, nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan," ucapnya.

Sebagai informasi, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Dalam perjalanannya, Partai NasDem melakukan penjakakan dengan Partai Demokrat dan PKS. Ketiga partai politik tersebut disebut bakal membentuk Koalisi Perubahan.

Namun, hingga saat ini deklarasi koalisi maupun ketegasan soal dukungan terhadap Anies masih belum ditunjukan oleh Partai Demokrat dan PKS.

Rekomendasi