NasDem Harap PKS Ikuti Langkah Demokrat Soal Cawapres Anies

| 29 Jan 2023 16:18
NasDem Harap PKS Ikuti Langkah Demokrat Soal Cawapres Anies
Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim. (Antara)

ERA.id - Partai NasDem berharap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengikuti langkah Partai Demokrat terkait jatah calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Diketahui, Partai Demokrat tak lagi memaksakan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Melainkan menyerahkan keputusan tersebut kepada Anies.

"Kemarin ada kemajuan siginfikan, Demokrat menyatakan seperti pandangan NasDem, cawapres itu sebaiknya ditentukan oleh Anies," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

"Kita harapkan dalam waktu yang segera, PKS melakukan hal yang sama. Supaya kita segera deklarasi," imbuhnya.

Menurutnya, penjajakan Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS melalui tim kecil sudah hampir rampung. Sebab, Demokrat dan PKS tidak lagi mengajukan syarat khusus untuk mengusung Anies sebagai capres di Pilpres 2024.

"Pekerjaan tim kecil sudah hampir tuntas. Kita sudah dengar kemarin Demokrat ini kan cair. Koalisi ini kan mempertemukan hati, itu kan bertahap dan perlu kesabaran," kata Taslim.

Lebih lanjut, dia meyakini bahwa deklarasi Koalisi Perubahan tidak akan lama lagi apabila Demokrat dan PKS sudah resmi mendukung dan mengusung Anies sebagai capres.

"Ini semakin ada titik terang, jadi menurut saya prospek ke depan itu semakin dekat kita untuk deklarasi," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyerah dan tak lagi memaksakan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

AHY mengatakan, Partai Demokrat mengikuti langkah NasDem yaitu menyerahkan keputusan soal bakal calon wakil presiden kapada Anies Baswedan selaku bakal calon presiden. Dia tak mau memaksakan kehendak karena berpotensi menghambat finalisasi koalisi antara partainya, Partai NasDem, dan PKS.

"Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan bacawapres kepada bacapres yang kita usung," kata AHY melalui keterangan tertulis, Kamis (26/1).

Rekomendasi