Sudah Konsultasi dengan Ayahnya, AHY Legowo Tak Jadi Cawapres Anies: Kami Rasional Saja

| 22 Feb 2023 18:00
Sudah Konsultasi dengan Ayahnya, AHY Legowo Tak Jadi Cawapres Anies: Kami Rasional Saja
Anies Baswedan dan AHY (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku, sudah berkonsultasi dengan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait keputusan partainya di Pilpres 2024.

Adapun keputusan yang dimaksud yaitu resminya Partai Demokrat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024, dan tak memaksakan diri untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies.

"Ini sudah melewati proses konsultasi, komunikasi yang intensif antara saya pribadi sebagai ketua umum dengan ketua majelis tinggi Partai Demokrat," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).

Oleh karena itu, AHY menjelaskan bahwa keputusan Partai Demokrat itu bukan hanya sekedar cek ombak belaka.

"Jadi ini bukan sekedar test the water, dan bukan hanya sekedar uji coba saja," ucapnya.

Partai Demokrat, kata AHY, meenyerahkan keputusan mengenai cawapres kepada Anies. Sebab, Anies diyakini mampu memilih pendamping yang dapat merepresentasikan perubahan dan perbaikan.

"Tentunya kita terus berikhtiar," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat menyerah dan tak lagi memaksakan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

AHY mengatakan, Partai Demokrat mengikuti langkah NasDem yaitu menyerahkan keputusan soal bakal calon wakil presiden kapada Anies Baswedan selaku bakal calon presiden. Dia tak mau memaksakan kehendak karena berpotensi menghambat finalisasi koalisi antara partainya, Partai NasDem, dan PKS.

"Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan bacawapres kepada bacapres yang kita usung," kata AHY melalui keterangan tertulis, Kamis (26/1).

Rekomendasi