Garut Diguncang Gempa 4,3 M, Ridwan Kamil Sebut Sedang Asesmen Dampaknya

| 02 Feb 2023 17:00
Garut Diguncang Gempa 4,3 M, Ridwan Kamil Sebut Sedang Asesmen Dampaknya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan keterangan terkait gempa di Garut, di Medan, Kamis (2/2/2023). (Ilham Medan/ ERA)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau RK mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan asesmen terhadap musibah gempa 3,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Garut, pada Rabu 1 Februari 2023 malam.

"Sekarang sedang diasesmen dulu nanti polanya kayak Cianjur," ungkapnya kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (2/2/2023).

RK menerangkan pola asesmen yang dilakukan pihaknya dengan lebih dulu melihat level kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Dia memastikan dalam asesmen tersebut tetap mengutamakan melihat masalah kemanusiaan.

"Jadi artinya dilihat kerusakannya levelnya, per hari ini kalau ada masalah kemanusiaan dan infrastruktur pasti tanggap darurat menjadi tahap pertama," ujarnya.

Sementara, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut gempa tersebut menyebabkan puluhan rumah warga rusak. Sementara hingga saat ini untuk korban jiwa belum ada ditemukan namun dilaporkan satu orang mengalami luka.

Rekomendasi