Serang Sejumlah Warga, Tim medis BKSDA Aceh Periksa Seekor Harimau: Khawatir Terjangkit CDV

| 06 Feb 2023 06:36
Serang Sejumlah Warga, Tim medis BKSDA Aceh Periksa Seekor Harimau: Khawatir Terjangkit CDV
Tim Medis BKSDA Aceh menangani luka harimau masuk perangkap di Kabupaten Aceh Selatan (Dok. Antara)

ERA.id - Tim medis Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh meneliti perilaku harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang masuk kandang perangkap karena menyerang sejumlah warga di kawasan hutan Gunung Simpali, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

"Kami perlu meneliti perilaku harimau tersebut dengan memeriksa darah apakah terjangkit canine distemper virus atau CDV atau tidak," kata Rosa Rika Wahyuni, tim medis BKSDA Aceh di Aceh Selatan, seperti dilansir dari Antara, Senin (5/2/2023).

Menurut dokter hewan BKSDA Aceh itu, penelitian CDV tersebut dilakukan setelah harimau tidak takut lagi kepada manusia. Padahal, satwa dilindungi tersebut menjauh jika mengetahui ada manusia di sekitar.

Rosa mengatakan sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan CDV. Pemeriksaan sampel darah harimau tersebut membutuhkan waktu seminggu.

"Kondisi harimau tersebut dalam keadaan baik. Saat masuk perangkap, ada empat luka parah dialami harimau tersebut. Luka tersebut sudah ditangani," kata Rosa Rika Wahyuni.

Selain Rosa Rika Wahyuni, sejumlah dokter hewan BKSDA Aceh yang menangani luka harimau tersebut yakni Anhar Lubis, Zulius Zulkifli, dan Mahmudi.

Sebelumnya, harimau sumatra berjenis kelamin betina dan usia diperkirakan tiga hingga empat tahun itu masuk kandang perangkap yang dipasang di kawasan hutan Gunung Simpali, Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (4/2).

Setelah masuk perangkap, satwa dilindungi tersebut dievakuasi dari hutan melalui sungai dan dibawa ke Kantor Taman Nasional Gunung Leuser di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan.

Kandang perangkap dipasang setelah sejumlah warga diserang harimau tersebut. Dari sejumlah warga yang diserang, tiga di antaranya luka parah dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yuliddin Away di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan.

Serangan satwa dilindungi itu terjadi dua kali, pertama pada Sabtu (28/1) dengan korban tim patroli kehutanan bernama Rusdianto. Serangan kedua terjadi pada Rabu (1/2) dengan korban ayah dan anak, Amrizal (65) dan Hafifi Yunanda (29).

Rekomendasi