Jokowi Minta TNI-Polri Tak Ikut Politik Praktis: Yang Paling Penting Jaga Kondusivitas di Tahun Politik

| 08 Feb 2023 11:04
Jokowi Minta TNI-Polri Tak Ikut Politik Praktis: Yang Paling Penting Jaga Kondusivitas di Tahun Politik
Jokowi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ke pimpinan TNI dan Polri dalam acara rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri 2023. Jokowi ingin agar dua institusi ini memiliki visi yang sama.

"Iya dalam rapim TNI-Polri ini saya ingin agar visi itu sama. Tugas TNI dan Polri itu menjaga di sebelah mana itu jadi jelas, jadi arahnya kesana," kata Jokowi saat memberi keterangan pers di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku tak memberi arahan khusus ke pimpinan TNI dan Polri di tahun politik ini. Jokowi hanya meminta mereka semua untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

"Nggak ada (arahan khusus), saya kira TNI-Polri sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Yang paling penting menjaga kondusivitas di tahun politik dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menerangkan dirinya memberi arahan terkait investasi dan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ke jajaran TNI-Polri. Dia juga meminta agar dua institusi ini terus menjaga kondusivitas di tengah tahun politik ini.

"Jadi tadi saya sampaikan mengenai yang namanya investasi, yang namanya hilirisasi, kemudian yang berkaitan dengan kebakaran hutan, yang berkaitan juga dengan menjaga kondusivitas di tahun politik. Secara rasa garis besar itu," ucap Jokowi.

Rekomendasi