Panglima TNI Sebut Evakuasi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air Dilakukan Hari Ini

| 08 Feb 2023 12:01
Panglima TNI Sebut Evakuasi Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air Dilakukan Hari Ini
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Antara)

ERA.id - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut pihaknya akan mengevakuasi pilot yang merupakan warga negara Selandia Baru, Philips Max Marthin dan penumpang pesawat Susi Air itu pada hari ini.

"Nanti akan kita usahakan bisa evakuasi hari ini," kata Yudo di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Yudo membantah bila pilot dan lima penumpang pesawat Susi Air serta 15 pekerja bangunan yang sedang mengerjakan pembangunan puskesmas di Paro, Kabupaten Nduga, disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. 

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut ini menyebut mereka semua berhasil menyelamatkan diri. Namun, keberadaan pilot, penumpang, dan 15 pekerja ini belum diketahui.

"Ya nggak tau ada di mana, kan akan kita cari kita evakuasi," ucapnya.

Diketahui, pesawat Susi Air terbakar Bandara Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2) kemarin. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pun mengklaim telah menyandera pilot Susi Air dan lima penumpang usai melakukan pembakaran ke transportasi udara tersebut.

"Pilotnya kami sudah sandera dan kami sedang bawa keluar. Untuk itu anggota TNI-Polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarang karena yang melakukan adalah TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Panglima Brigadir Jenderal Egianus Kogoya," kata juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom kepada wartawan, Selasa (7/2).

Rekomendasi