Cuaca Tak Mendukung, Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Perbukitan Papua Dilakukan Besok

| 23 Jun 2023 16:31
Cuaca Tak Mendukung, Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Perbukitan Papua Dilakukan Besok
Arsip Foto - Pesawat SAM Air tergelincir di Lapangan Terbang Beoga di Kabupaten Puncak, Papua, Senin (23/1). (ANTARA/HO-Humas Polres Puncak)

ERA.id - Basarnas akan melakukan evakuasi pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) yang jatuh di perbukitan di kawasan Papua, pada Sabtu (24/6/2023) besok. Evakuasi tak dapat dilakukan pada hari ini karena faktor cuaca.

"Kondisi korban belum diketahui karena heli belum berhasil mendekati posisi akibat faktor cuaca. Rencana evakuasi akan dilakukan besok pagi, tanggal 24 Juni 2023," kata Kabasarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Henri menyebut total personel yang akan diterjunkan untuk evakuasi besok sekitar 10-15 orang. Dia menyebut data enam orang yang menaiki pesawat SAM Air ini, yakni pilot, kopilot, dan empat penumpang.

Pilot bernama Hadi Permadi dan kopilot bernama Levi Murib. 

"(Untuk) empat penumpang identitas menyusul," ucapnya.

Sebelumnya, pesawat milik Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK-SMW dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim ke Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan.

Pencarian pun dilakukan dengan bantuan pesawat Susi Air. Sekira pukul 16.10 WIT, pesawat ini terdeteksi jatuh di titik lost contact.

Rekomendasi