Balas Golkar soal Koalisi Perubahan, NasDem: Yang Menahan Diri Airlangga Kali untuk Dukung Anies

| 11 Feb 2023 16:33
Balas Golkar soal Koalisi Perubahan, NasDem: Yang Menahan Diri Airlangga Kali untuk Dukung Anies
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menilai, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menahan diri untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini menanggapi celetukan Airlangga yang menyebut Partai NasDem menahan diri untuk mendeklarasikan Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan PKS.

"Menahan diri kaya gimana? Yang menahan diri Airlangga kali ya untuk mendukung Anies," kata Ali dikutip Sabtu (11/2/2023).

Ali menegaskan, Partai NasDem sudah mengambil keputusan final untuk mengusung Anies di Pilpres 2024. Sehingga, tidak bisa diganggugugat oleh siapapun kecuali ada keputusan baru dari forum partai.

"Keputusan mendukung Anies itu sudah keputusan final yang kemudian diambil dalam mekanisme struktur organisasi. Jadi keputusan itu tidak mungkin dianulir oleh siapapun kecuali oleh forum partai," tegasnya.

Ali justru merasa aneh dengan Airlangga yang mengeluarkan pernyataan seolah-olah Partai NasDem yang menahan untuk tak segera mendeklarasikan Koalisi Perubahan.

Menurutnya, ucapan menteri koordinator bidang perekonomian itu adalah upaya menggoyahkan para pendukung Anies.

"Apa urusan Airlangga bikin pernyataan itu Itu kan hanya, menurut saya sih hanya upaya untuk membuat pendukung Anies menjadi galau," kata Ali.

"Hari ini NasDem on track dalam posisi mendukung dan memenangkan Anies," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin membicarakan Koalisi Perubahaan yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

Pembicaraan itu dilakukan di sela-sela Airlangga dan Cak Imin bertemu sambil jalan santai di kawasan Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2023) pagi.

Awalnya, Airlangga menyinggung Koalisi Perubahan pasti akan dideklarasikan. Berdasarkan informasi yang didengarnya, PKS akan mendeklarasikan megusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada 24 Februari 2023.

"Mereka sih jadi deklarasi. Tanggal 24 PKS akan deklasi," kata Airlangga.

Lantas Cak Imin bertanya apakah rencana deklarasi PKS itu sekaligus mendeklarasikan Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Namun, meenurut penuturan Airlangga, deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden akan dilakukan sendiri-sendiri.

"Bertiga?" tanya Cak Imin.

"Sendiri-sendiri," jawab Airlangga.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu menambahkan, bahwa Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS dipastikan akan membentuk Koalisi Perubahan.

Namun, menurut Airlangga, Partai NasDem justru masih menahan diri.

"Tapi pasti bertiga?" kata Cak Imin.

"Bertiga itu pasti, tapi NasDem masih menahan diri," kata Airlangga.

Rekomendasi