Anies Bakal 'Gas' IKN Bila Jadi Presiden, Rocky Gerung: Kalau Gitu Jokowi Lanjut Aja, Nggak Usah Anies

| 16 Feb 2023 20:29
Anies Bakal 'Gas' IKN Bila Jadi Presiden, Rocky Gerung: Kalau Gitu Jokowi Lanjut Aja, Nggak Usah Anies
Rocky Gerung (Ilham/era.id)

ERA.id - Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi soal bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang memastikan akan melanjutkan program Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digagas Jokowi bila terpilih dalam pemilu 2024. Menurutnya, hal itu memang menjadi ujian untuk Anies.

"Soal IKN, orang juga ingin tahu IKN itu anggarannya habis berapa, kalau dia jadi UU yang harus dilakukan berarti akan ada utang terus menerus, artinya Anies akan meneruskan cara berutang Jokowi, kan gampang betul kan," kata Rocky dalam tayangan Youtube Rocky Gerung Official, dikutip Kamis (16/2/2023).

Ia menambahkan jika ingin konsisten maka sebenarnya tak perlu Anies lagi yang melakukan program IKN tapi Jokowi saja. Karena itu, menurutnya pembahasan apakah akan berubah atau melanjutkan akan menjadi tema yang dianggap radikal dalam pemilu 2024.

"Kalau itu yang dilakukan Jokowi aja yang lanjut, nggak usah Anies," katanya.

"Jadi buat apa ada relawan yang ada di sekitar Anies tapi di ujungnya melanjutkan proyek Jokowi, kita lakukan semacam analisis radikal bukan kita ingin menghalangi Anies, tapi kita ingin tahu konsistensi etis dari seorang pemimpin di masa depan," kata Rocky.

Menurutnya, persoalan ini juga menjadi ujian yang paling radikal buat Anies. Ia pun mencontohkan UU Omnibus Law yang dianggap sebagai penistaan terhadap buruh.

"Kalau dia setuju sesuatu yang sudah jadi undang-undang, semua hal yang semacam itu, UU Omnibus law oke, itu artinya buruh ngga akan dukung Anies, karena dia akan setuju upacara penistaan buruh. UU omnibus law bagi buruh itu penistaan harkat sebagai buruh, jadi itu bahayanya," katanya.

Sebelumnya, Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan menanggapi dirinya yang di-framming menjadi antitesa Jokowi. Anies dianggap tak akan melanjutkan program yang telah dijalankan Jokowi selama dua periode menjabat.

"Caranya adalah dengan melihat masa lalu, apakah ketika Anies bertugas di Jakarta dia meneruskan yang dikerjakan gubernur sebelumnya apa tidak. Dia meneruskan, berarti besok juga akan meneruskan," kata Anies dalam tayangan Youtube tvOneNews, dikutip Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, prediksi terbaik untuk melihat apa yang akan dilakukan seseorang dapat dilihat bukan dari lisannya, tapi rekam jejaknya. Begitu pun soal program Jokowi soal Ibu Kota Negara yang baru, Nusantara, Anies menyebut program tersebut telah menjadi undang-undang.

"Siapa pun yang bertugas harus melaksanakan undang-undang," kata Anies.

Rekomendasi