KPK Periksa Tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak Kasus Pencucian Uang

| 20 Feb 2023 13:11
KPK Periksa Tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak Kasus Pencucian Uang
Jubir KPK, Ali Fikri. (Antara)

ERA.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) kasus dugaan pencucian uang Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (20/2/2023). 

Pagi ini, petugas lembaga antirasuah Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) diterbangkan ke Jakarta, untuk menjalani proses hukum terkait kasus tersebut. 

"Iya betul, sekarang masih dalam perjalanan, tadi penerbangan jam 08.25 waktu setempat (WIT)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta. 

Ali kemudian menambahkan saat ini yang bersangkutan telah mendarat di Jakarta dan akan langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Tersangka RHP sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekira jam 11.55 WIB. Segera setelahnya tersangka dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk pemeriksaan lanjutan," ujar Ali.

Ricky Ham Pagawak ditangkap oleh penyidik KPK di Abepura pada Minggu sore sekitar pukul 16.30 WIT dan yang bersangkutan kemudian diamankan ke Mako Brimob Polda Papua.

RHP pada Senin pagi pukul 08.25 WIT yang bersangkutan langsung diterbangkan oleh KPK dari Jayapura menuju Jakarta.

Bupati Mamberamo Tengah itu buron setelah ditetapkan sebagai tersangka. KPK kemudian memasukkan nama Ricky Ham Pagawak ke dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK sejak 15 Juli 2022.

Kemudian pada awal Februari 2023 diperoleh informasi bahwa Ricky Ham Pagawak telah kembali ke Jayapura dan langsung dilakukan penangkapan.

Untuk diketahui, KPK telah menetapkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mamberamo Tengah.

Penyidik KPK kemudian kembali menetapkan Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Penetapan tersebut merupakan pengembangan dari kasus dugaan korupsi berupa suap terkait dengan proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua, yang sebelumnya juga menjerat RHP sebagai tersangka.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa KPK telah mengantongi bukti yang cukup terkait dengan dugaan pencucian uang oleh Ricky Ham Pagawak. Bukti-bukti diperoleh dari hasil penyidikan yang ditambah dengan keterangan para saksi, bahkan KPK telah menyita beberapa aset Ricky yang diduga berasal dari hasil korupsi.

Dari hasil pengembangan fakta-fakta hasil penyidikan, kata Ali Fikri, pengembangan saat ini ditemukan fakta dan alat bukti adanya dugaan pengalihan hasil korupsi pada aset bernilai ekonomis. Sejauh ini penyidik sudah menyita beberapa aset milik tersangka, di antaranya delapan bidang tanah dan bangunan serta lima unit mobil.

Rekomendasi