Menteri PUPR Pastikan Jakarta Tidak Ditinggalkan Walau IKN Pindah: DKI Akan Tetap Diperhatikan dan Dibangun

| 20 Feb 2023 19:52
Menteri PUPR Pastikan Jakarta Tidak Ditinggalkan Walau IKN Pindah: DKI Akan Tetap Diperhatikan dan Dibangun
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (20/2/2023). ANTARA/Aji Cakti

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah tidak akan meninggalkan Jakarta dan tetap membangun infrastruktur di kota tersebut walaupun Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Pembangunan tiga Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM serta upaya ​​pemerintah untuk mencegah penurunan permukaan tanah Jakarta melalui penghentian penggunaan air tanah pada tahun 2030, membuktikan pemerintah tidak akan meninggalkan Jakarta, walaupun tidak lagi berstatus sebagai ibu kota negara.

"Ini membuktikan bahwa walaupun IKN akan pindah ke Kalimantan, Jakarta tidak ditinggalkan begitu aja," ujar Basuki di Jakarta dikutip dari Antara, Senin (20/2/2023).

Dia menambahkan, Jakarta akan tetap diperhatikan dari segi air bersih, transportasi, seperti akan ada lagi pembangunan MRT yang memudahkan mobilitas masyarakat Jakarta.

"Itu membuktikan bahwa Jakarta memang masih menjadi perhatian dari pemerintah untuk dibangun," kata Basuki.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI Subardi mengungkapkan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan era baru pembangunan Indonesia.

Perpindahan menuju IKN terus dikebut, setelah proyek strategis negara itu memiliki payung hukum melalui UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN Nusantara.

Melalui UU itu, Presiden telah membentuk Otorita IKN sebagai lembaga setingkat kementerian yang melakukan persiapan, pembangunan dan pemindahan ibu kota negara.

Pemerintah berencana menggelar upacara HUT RI tahun 2024 mendatang di IKN Nusantara. Perayaan HUT RI di IKN ini merupakan awal perpindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur.

Pemindahan IKN dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bertujuan untuk keseimbangan pembangunan. Kehadiran IKN akan memangkas kesenjangan pembangunan antar wilayah di Indonesia.

Konsep Future Smart Forest City atau kota pintar hijau akan menjadikan IKN sebagai simbol baru Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam, ramah lingkungan, penggunaan energi hijau, dan tata kota yang modern.

Dengan perpindahan ibu kota, Indonesia akan mengikuti jejak negara modern, seperti Amerika Serikat, Rusia, Australia, Turki, dan negara-negara lainnya. Negara tersebut berhasil memindahkan ibu kota yang hingga kini memiliki ibu kota terpisah, kota pusat bisnis dan kota pusat pemerintahan. Pembagian pusat pemerintahan dan pusat bisnis telah membawa negara tersebut semakin maju.

Rekomendasi