Mahfud MD: KKB yang Sandera Pilot Susi Air Sudah Terkepung

| 21 Feb 2023 16:10
Mahfud MD: KKB yang Sandera Pilot Susi Air Sudah Terkepung
KKB dengan Pilot Susi Air WN Selandia Baru (Dok Istimewa)

ERA.id - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyandera pilot Susi Air telah dikepung oleh aparat keamanan.

Bahkan, Mahfud MD mengatakan TNI-Polri telah mengetahui koordinat dan posisi KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Namun, kata dia, Pemerintah Selandia Baru datang ke Indonesia untuk memohon agar tidak ada tindak kekerasan.

"Saya katakanlah, loh saya sudah tahu loh tempatnya, koordinat berapa seperti itu. Kamu sudah kita kepung sekarang. Tetapi begitu kita mau bergerak kan pemerintah Selendia Baru datang kesini dan kami memohon tidak ada tindak kekerasan," jelas Mahfud MD pada Selasa (21/2/2023).

Menurut dia, tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap kelompok tersebut agar Indonesia tak mengalami permasalahan internasional.

Sebelumnya, Sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menamakan dirinya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis foto pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompoknya.

Juru bicara KKB Sebby Sambom membagikan foto dan video diduga pilot Susi Air bersama dengan kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

Dalam video tersebut, Philip Mark Mehrtens mengatakan dirinya disandera oleh TPNPB-OPM.

"Saya disandera oleh TPNPB-OPM, mereka menginginkan Papua Merdeka, Mereka ingin militer Indonesia pulang. dan mereka akan tetap menahan saya jika tak dilakukan," jelas Philip dalam video yang diterima Era pada Selasa (14/2).

Rekomendasi