Jokowi Bangun Traning Center Sepak Bola Timnas di IKN, Dananya dari FIFA

| 24 Feb 2023 16:44
Jokowi Bangun Traning Center Sepak Bola Timnas di IKN, Dananya dari FIFA
Presiden Joko Widodo Saat Meninjau Traning Center Sepak Bola Timnas di IKN (Dok Sekretariatt Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan membangun pusat pelatihan atau training center untuk Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan di sela-sela kunjungannya ke IKN pada Jumat (24/2/2023).

"Ini adalah traning center untuk PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), untuk sepak bola, untuk Timnas. Ada delapan lapangan bola nanti di sini," ucap Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menargetkan traning center Timnas sepak bola Indonesia di IKN ini rampung dalam kurun waktu tak lebih dari satu tahun.

"Jadi ini segera untuk traning center sepak bolanya PSSI, ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pembangunan training center tersebut bakal dibiayai oleh Ferderasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kepercayaan dunia global terhadap proyek IKN.

"Dan ini akan dibiayai oleh FIFA. Menunjukan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terharap IKN Nusantara ini ada," kata Jokowi.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir menambahkan, dengan adanya bantuan dana dari FIFA, pihaknya memastikan pembangunan training center untuk Timnas Indonesia di IKN akan dirampungkan sesegera mungkin.

"Karena dana dari FIFA sudah disiapkan, tinggal proses tanahnya. Jadi Insyaallah kita bangun segera, pak untuk ini," kata Erick.

PSSI, kata Erick juga berencana untuk mengundang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong untuk menilik proyek pembangunan training center di IKN.

"Kalau berkenan nanti kita bawa coach STY untuk menengok ini," ucap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Rekomendasi