F1 Powerboat Sukses Digelar di Danau Toba, Jokowi: Ini Memicu Peningkatan Ekonomi di Daerah

| 27 Feb 2023 07:00
F1 Powerboat Sukses Digelar di Danau Toba, Jokowi: Ini Memicu Peningkatan Ekonomi di Daerah
Presiden Joko Widodo menonton F1H20 di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Minggu (26/2/2023). (Pemprov Sumut).

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menonton secara langsung Kejuaraan Dunia Perahu Motor Super Cepat atau F1 Powerboat (F1H20) yang berlangsung di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (26/2/2023).

Jokowi turut didampingi Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit berserta rombongan menteri dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menonton secara langsung dari Tribun VVIP, Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu. Dia mengaku dapat merasakan keseruan F1H20.

Jokowi juga tidak menampik ini kali pertama dirinya menonton F1H20. Orang nomor satu Indonesia ini berharap melalui even skala internasional seperti F1H20 dapat mempopulerkan brand lokal.

"Kita harapkan event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah, Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada Moto GP, Jakarta ada Formula E, ini akan memicu peningkatan ekonomi di daerah, sangat bagus sekali," ungkap Jokowi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menambahkan bahwa dampak gelaran F1H20 banyak memberi manfaat kepada masyarakat secara perekonomian. Edy juga mengapresiasi setelah Provinsi Sumut, khususnya Danau Toba terpilih menjadi tempat digelarnya F1H20.

"Ini pastinya memberikan efek positif pada perekonomian masyarakat di sini. Karena memang terasa betul dampaknya, ini (event) yang kita butuhkan," tambah Edy. 

Bartek Marszalek Keluar Sebagai Juara

Sementara itu, jalannya balapan berlangsung aman dan lancar. Antusias masyarakat hadir untuk menonton langsung terlihat cukup besar.

Juara F1H2O, Bartek Marszalek mengaku sangat menikmati kejuaraan F1H20 kali karena ditambah suasana alam Danau Toba. Pebalap perahu super cepat asal Polandia ini tidak menampik besarnya antusias masyarakat menambah motivasinya hingga meraih juara.

"Kami memiliki banyak penonton di sekitaran tepi danau. Begitu banyak senyuman yang memberikanku kekuatan ekstra, sehingga aku merasa jauh lebih baik dibalik kemudi kapal," kata Marszalek.

Puluhan ribu orang diperkirakan menonton langsung F1H20 ini. Mereka berasal dari Tanah Air dan luar negeri. Puluhan ribu orang ini memadati kawasan venue utama F1H20 dan lokasi-lokasi menonton yang dikelola masyarakat lokal di Lumban Silintong, Balige. 

Tampak antusias pengunjung atau masyarakat yang begitu besar pada puncak balapan. Ada yang duduk di atap rumah, bibir danau, bahkan ada yang memanjat pegangan jembatan. 

Penonton asal Kota Medan, Ahmad Ismail menyebut keseruan menonton F1H20 layaknya keseruan menonton sepak bola. Ahmad sendiri menonton dari pinggir jalan.

"Seperti pasar rakyat ramainya, belum lagi menonton balapan ini seru ya, kayak nobar bola, bisa bersorak, semoga ada terus di sini lah," ujarnya.

Rekomendasi