KPK Akan Periksa Rafael Alun Trisambodo Hari Ini, Mahfud MD: Bukan Kita Benci Tapi Menegakan Hukum

| 01 Mar 2023 08:15
KPK Akan Periksa Rafael Alun Trisambodo Hari Ini, Mahfud MD: Bukan Kita Benci Tapi Menegakan Hukum
Menkopolhukam, Mahfud MD. (Antara)

ERA.id - KPK akan memeriksa Mantan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Kanwil Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo hari ini, Rabu (1/3/2023). Pemeriksaan eks pejabat pajak ini diduga melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menerangkan pemeriksaan terhadap ayah Mario Dandy Satriyo yang merupakan tersangka kasus penganiayaan terhadap putra petinggi GP Ansor, karena pemerintah mau menegakkan hukum.

"Ini bukan karena kita benci, bukan karena kita apa, tetapi kita mau menegakkan hukum dan mendidik masyarakat di negeri ini. Agar tidak menjadi hedonis, berfoya-foya, memanfaatkan kesempatan," kata Mahfud di Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2023).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menuturkan, lembaga antirasuh itu akan bersikap profesional. 

"Tapi kita tegaskan, sekarang masih diduga dan KPK besok akan mempelajari apakah dugaan itu perlu diteruskan kesangkaan, itu nanti kita lihat. KPK pasti profesional dan harus profesional," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo akan dimintai klarifikasi oleh KPK terkait harga kekayaannya pada hari Rabu. Apabila Rafael memenuhi panggilan KPK, maka dia diminta membawa berkas terkait harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Saya kira semua bukti atas kepemilikan harta yang didaftarkan di LHKPN itu harus disertakan," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati. 

Rencananya, seluruh harta kekayaan milik Rafael akan diklarifikasi. Termasuk kepemilikan motor Harley Davidson dan mobil Jeep Rubicon yang dipamerkan oleh putranya Mario Dandy.

Rekomendasi