KPK Minta Masyarakat Terus Viralkan Pejabat Nakal

| 02 Mar 2023 10:01
KPK Minta Masyarakat Terus Viralkan Pejabat Nakal
Gedung KPK (Foto: Antara)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang memviralkan kenakalan pejabat, terlebih yang kerap memamerkan gaya hidup mewah.

"Kami dari Direktur LHKPN berterima kasih kepada media dan masyarakat yang memviralkan," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam tayangan YouTube KPK RI, Kamis (2/3/2023).

Pahala mengatakan, viralnya kenakalan para pejabat yang diungkap masyarakat telah membantu kerja KPK. Salah satunya yaitu memproses mantan pejabat pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo.

Jika gaya hidup mewah keluarga Rafael Alun tak diviralkan, KPK tak bakal tahu ayah Mario Dandy itu memiliki perumahan di Minahasa Utara.

Meskipun setelah dicek perumahan itu ternyata produk dari dua perusahaan yang dimiliki istri Rafael dan sudah tercantum di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Sehingga, dia minta publik terus memantau kekayaan pejabat. Jika ada yang tak sesuai, KPK mempersilakan agar diviralkan.

"Pesan saya teruskan," tegas Pahala.

Diberitakan sebelumnya, KPK telah mengklarifikasi eks pejabat Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo pada Rabu (2/3). Pemeriksaan ini dilakukan karena harta kekayaannya yang mencapai Rp56 miliar terungkap ke publik.

Kemunculan ini disebabkan karena kasus penganiayaan yang melibatkan anak Rafael, Mario Dandi Satrio. Akibat perbuatannya, David Ozora yang merupakan korban tindakan itu mengalami cedera serius di bagian kepala dan dirawat di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta.

Dalam proses klarifikasi itu, KPK menelisik harta milik Rafael. Di antaranya, perumahan milik istrinya yang ada di Minahasa Utara dan rumah di Yogyakarta.

Tak sampai di sana, mobil Rubicon yang sering dipamerkan Mario juga ditelisik KPK. Begitu juga dengan motor Harley Davidson yang ternyata tak ada pelat nomornya.

Rekomendasi