Sempat Diusulkan Pembuatan Buffer Zona Depo Pertamina Plumpang, Jokowi: Tanah Merah Ini Padat dan Penuh

| 05 Mar 2023 12:46
Sempat Diusulkan Pembuatan Buffer Zona Depo Pertamina Plumpang, Jokowi: Tanah Merah Ini Padat dan Penuh
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. (Antara)

ERA.id - Presiden Jokowi meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara pada hari ini, Minggu (5/3/2023). Dalam kesempatan itu, ia mengatakan, sempat ada usulan untuk pembuatan buffer zone antara Depo Pertamina Pelumpang dengan warga sekitar lokasi. 

Namun, dalam pelaksanaannya mengalami kendala karena padatnya penduduk di lokasi sekitaran Depo Pertamina. Sehingga, tidak terlaksana program tersebut.

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai, tetapi memang belum sampai kepada titik mencarikan solusi untuk penduduk yang ada di situ. Tanah merahnya ini kan padat dan penuh," kata Presiden Jokowi usai meninjau salah satu posko korban kebakaran di RPTRA Rasela Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). 

Presiden menjelaskan zona penyangga dengan jarak 50 meter antara depo dan permukiman sudah pernah diusulkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2009. Usulan itu didasarkan ledakan di Depo Pertamina Plumpang, yang berujung kebakaran hingga ke rumah penduduk pada 2009.

Sebelumnya, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.00 WIB dan api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menurunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk membantu proses pemadaman di lokasi.

Akibat kejadian tersebut, untuk sementara ada 16 orang meninggal dunia dan ada 38 orang mengalami luka bakar dan sedang dalam penanganan tim medis di rumah sakit.

Rekomendasi