Jokowi Gelar Ratas dengan Panglima TNI dan Kapolri di Papua, Bahas Keamanan hingga Kesejahteraan Rakyat

| 21 Mar 2023 10:10
Jokowi Gelar Ratas dengan Panglima TNI dan Kapolri di Papua, Bahas Keamanan hingga Kesejahteraan Rakyat
Presiden Jokowi ratas dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya di Papua. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pangdam hingga Kapolda Papua untuk membahas keamanan wilyah dan pembangunan di Bumi Cendrawasih.

Ratas digelar tak lama setelah Jokowi tiba di Jayapura, Papua pada Senin (20/3) malam.

Sigit mengatakan, Jokowi memerintahkan jajaran TNI-Polri untuk lebih terinegrasi untuk mengawal program dan kesejahteraan masyarakat di Papua.

"Beliau mengingatkan kepada kita untuk bekerja secara lebih terintegrasi antara program-program pusat dengan program-program daerah, sehingga TNI-Polri betul-betul bisa mengawal seluruh kebijakan dan meningkatkan kesejahteraan wilayah Papua," Kata Sigit melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa 22/3/2023).

Dia bahwa peningkatan kesejahteraan tersebut salah satunya melalui dukungan dalam pembangunan di wilayah Papua.

“Baik dari sisi pembangunan maupun dari sisi pemekaran, semuanya bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menambahkan, TNI akan terus berkolaborasi bersama Polri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui operasi penegakan hukum.

“Pasukan TNI yang berada di Papua ini dalam rangka melaksanakan operasi penegakan hukum membantu Polri,” kata Yudo.

Menurut Yudo, saat ini jumlah pasukan TNI di wilayah Papua dinilai masih mencukupi untuk melaksanakan operasi penegakan hukum tersebut.

“TNI tidak ada penambahan dan tetap seperti yang sekarang ini (operasi) tergelar baik dengan (pasukan) organik maupun yang didatangkan dari luar Papua,” paparnya.

Selain itu, mantan KSAL itu menyampaikan bahwa pihaknya mendorong pelaksanaan operasi pasukan pengamanan masyarakat (Pam) baik di perbatasan darat maupun laut yang berada di wilayah Papua.

“Selain Pam perbatasan darat, perbatasan laut juga mengadakan operasi mem-backup Polri dalam rangka penegakan hukum,” kata Yudo.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua. Salah satu agendanya yaitu meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH), Kota Jayapura.

Rekomendasi