Demi Pangawasan Pemilu Maksimal, Bawaslu Gorontalo Perkuat Pemahaman Investigasi

| 27 Mar 2023 00:08
Demi Pangawasan Pemilu Maksimal, Bawaslu Gorontalo Perkuat Pemahaman Investigasi
Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Amin Abdullah (kanan) (Dok. Antara)

ERA.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo memperkuat pemahaman tentang investigasi dalam pengawasan pemilu kepada seluruh kader pengawas di daerah itu.

Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Amin Abdullah di Gorontalo, Minggu mengatakan Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu RI telah memberikan pelatihan investasi pengawasan pemilu kepada anggota Bawaslu provinsi setempat, sehingga bekal pengetahuan tersebut akan diteruskan kepada seluruh pengawas pemilu di seluruh Gorontalo.

"Mengingat pentingnya pengetahuan tentang investigasi pengawasan pemilu ini, maka kami yang telah memperoleh bekal pengetahuan ini akan diteruskan kepada seluruh kader pengawas dari tingkat provinsi hingga tingkat desa," kata Abdullah. yang juga Koordinator Sumber Daya Manusia dan Organisasi dan Pendidikan dan Latihan (SDMO dan Diklat) Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Menurut dia, setiap kader pengawas perlu memahami konsep investigasi, termasuk teknik wawancara, penelitian, penjajakan dan pengamatan. Selain itu juga perlu mengetahui dan memahami teknologi intelijen, pembentukan jaringan, memahami administrasi penyelidikan, praktek investigasi, serta mempresentasikan hasil investigasi.

"Kami pun menerima pengetahuan tersebut dalam bentuk simulasi. Untuk kemudian akan diteruskan kepada seluruh kader pengawas di setiap jenjang yang juga akan mensimulasikan untuk memudahkan pemahaman tentang investigasi pengawasan," katanya.

Pelatihan investigasi pengawasan pemilu, kata dia, dalam rangka menyatukan konsep selama melaksanakan tugas pengawasan pemilu dan pemilihan.

"Kita sukseskan seluruh tahapan pemilu serentak tahun 2024 di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo, dengan mengedepankan pengawasan yang baik, berkualitas, tepat dan sesuai regulasi. Kami juga ingatkan peran seluruh kader pengawas, khususnya dalam menjaga netralitas, independensi dan profesionalitas," ujarnya.

Rekomendasi