Ditanya Siap Dampingi Anies di Pilpres 2024, AHY: Harus Mempersiapkan Diri

| 29 Mar 2023 09:10
Ditanya Siap Dampingi Anies di Pilpres 2024, AHY: Harus Mempersiapkan Diri
Respons Agus Harimurti Yudhoyono soal peluang dirinya mendampingi Anies Baswedan (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap peluangnya untuk menjadi pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

AHY mengatakan, sejak memutuskan untuk terjun ke dunia politik dirinya bertujuan ini menjadi bagian untuk memajukan bangsa Indonesia. Untuk itu, ia selalu mempersiapkan diri menjadi bagian dari itu.

"Saya ingin mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Bersama Partai Demokrat saya ingin terus berbuat, ingin terus dekat dengan rakyat. Apapun yang ditakdirkan oleh Allah, harus memperiapkan diri dengan sebaik-baiknya," kata AHY usai menggelar Safari Ramadan di Kota Cimahi pada Selasa (28/3/2023).

Namun dirinya menegaskan Partai Demokrat sepenuhny menyerahkan penentuan calon wakil presiden (cawapres) pada Anies Baswedan.

Menurutnya sikap itu sudah sesuai dengan poin yang tertuang dalam nota kesepakatan Koalisi Perubahan untuk Persatuan yakni Partai Demokrat, Partai NasDem dan PKS.

"Kami khususnya Demokrat ingin memberikan ruang yang luas itu kepada Mas Anies Baswedan sebagai calon yang kami usung," ujarnya.

AHY pun menyebutkan sejumlah kriteria sosok yang bakal mendampingi Anies Baswedan yang sudah diusung menjadi bakal calon presiden 2024. Di antaranya sosok pasangan tersebut harus menghadirkan kans kemenangan paling besar.

"Tentu kita ingin menghadirkan pasangan dengan kans kemenanhan paling besar karena itu dulu yang harus dimenangkan. Dan tentunya yang terakhir ada chemistry, ada kekuatan antara pasangan tersebut. Semacam semangat dwitunggal, yang serasi yang kompak saling melengkapi satu sama lain," ungkap AHY.

Dia mengatakan, semua nama-nama yang muncul untuk mendampingi Anies Baswedan memiliki kekuatan dan kelebihannya masing-masing.

"Oleh karenanya kami berharap bisa dipilih sesuai dengan realitas dan potensi kemenangan yang terbesar. Silahkan ada beberapa tokoh yang bisa dipertimbangkan, yang potensial juga. Kita serahkan kepada bakal capres," tandasnya.

Rekomendasi