Kejagung Siapkan Anggota Terbaiknya untuk Isi Jabatan Deputi Penindakan KPK

| 04 Apr 2023 09:11
Kejagung Siapkan Anggota Terbaiknya untuk Isi Jabatan Deputi Penindakan KPK
Ilustrasi gedung KPK (Era.id)

ERA.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mempersiapkan anggotanya untuk menduduki jabatan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang selama ini diduduki oleh unsur Polri.

"Kita akan mempersiapkan jaksa-jaksa terbaik yang sudah memiliki pengalaman yang bagus baik di Kejaksaan maupun di KPK," kata Kapuspenkum Kejagung, I Ketut Sumedana dalam keterangannya, dikutip Selasa (4/3/2023).

Ketut menjelaskan penempatan jaksa di lingkungan KPK agar menciptakan keseimbangan komposisi jabatan di lembaga anti korupsi itu. Dengan keseimbangan komposisi ini, diharapkan KPK bisa membongkar kasus-kasus besar.

"Kita ingin KPK juga dapat menjadi pendorong bagi penegak hukum yang lain dalam mengungkap kasus-kasus kakap sebagaimana harapan dari masyarakat dan Ketua Dewas (Dewan Pengawas) KPK," ucap Ketut.

Diketahui, Irjen Karyoto sebelumnya menduduki jabatan sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK. Karyoto lalu ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran yang dipromosikan sebagai Kabaharkam Polri.

KPK pun menunjuk Brigjen Asep Guntur Rahayu sebagai Plt Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK menggantikan Karyoto. Asep Guntur merangkap jabatan, sebab saat ini dia juga menjabat sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Tags : kpk kejagung
Rekomendasi