Kemenhub Prediksi Pemudik Motor dan Mobil Capai 52 Juta

| 04 Apr 2023 17:46
Kemenhub Prediksi Pemudik Motor dan Mobil Capai 52 Juta
Pemudik sepeda motor. (Antara)

ERA.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi mayoritas pemudik akan menggunakan moda transportasi pribadi yaitu mobil dan motor.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, mobil pribadi mendominasi sebagai moda transportasi untuk mudik.

"Kelihatan mobil pribadi itu dominan banget. Tapi mungkin kalau mobil pribadi kita harus melakukan upaya yang maksimal di Tol Cipali," ujar Budi dalam rapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Dari slide yang ditampilan Budi dalam rapat, terlihat prediksi pemudik yang menggunakan mobil mencapai 27,32 juta. Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi.

Selain mobil, sepeda motor pribadi juga diprediksi banyak digunakan oleh para pemudik yaitu sebenyak 25,13 juta.

Meski begitu, pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Sebab berisiko tinggi untuk perjalanan jarak jauh.

"Sedang sepeda motor juga banyak. Kami sudah mengimbau supaya tidak ada mudik menggunakan motor karena risikonya tinggi sekali," kata Budi.

Sementara pemudik menggunakan bus sebanyak 22,77 juta, kereta api sebanyak 14,47 juta, mobil sewa 9,53 juta, angkutan penyebrangan 6,67 juta, pesawat 6,19 juta, dan kapal laut 1,66 juta.

Rekomendasi