Jelang Mudik Lebaran, Jokowi: Perbaikan Manajemen Arus Mudik Harus Lebih Baik

| 11 Apr 2023 13:51
Jelang Mudik Lebaran, Jokowi: Perbaikan Manajemen Arus Mudik Harus Lebih Baik
Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah catatan menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Dia mengatakan, manajemen arus mudik harus lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal itu disampaikan dalam pengantar Rapat Terbatas terkait mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023).

"Melihat mudik tahun lalu, ada catatan-catatan yang harus kita perbaiki. Dan catatan besarnya itu ada di pelabuhan Merak dan ada di jalan tol," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Oleh sebab itu, secara detail yang bekerja di lapangan harus betul melihat sehingga perbaikan dari manajamen tahun lalu arus mudiknya harus lebih baik," ucapnya.

Menurutnya, menjelang arus mudik tahun ini sudah ada sejumlah perbaikan yang dilakukan, terutama di Pelabuhan Merak. Salah satunya penambahan jumlah dermaga dan kapasitas.

Diketahui, Pelabuhan Merak menambah dua dermaga dan jumlah kapasitas bertambah dari 34 ribu menjadi 49 ribu.

"Ini jumlah yang cukup besar. Kita tahu mudik nanti tahun ini dari survei ada 123 juta. Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan dermaga ini penting sekali," kata Jokowi.

Dari pengamatannya, manajemen di Pelabuhan Merak untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini sudah lebih detail. Namun, tetap harus melihat praktik di lapangannya nanti.

Selain Pelabuhan Merak, Jokowi juga memberi catatan terkait rest area di sejumlah ruas tol. Menurutnya, tahun lalu rest area menjadi salah satu kendala dalam arus mudik, namun tahun ini sudah mulai diperbanyak jumlahnya.

"Saya melihat jumlah rest area di tahun lalu sangat menganggu. Jumlahnya juga sudah ditambah," pungkasnya.

Rekomendasi