Puncak Arus Mudik Diprediksi H-5 Lebaran, Polres Bogor Bersiap

| 17 Apr 2022 20:21
Puncak Arus Mudik Diprediksi H-5 Lebaran, Polres Bogor Bersiap
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kepolisian Resor (Polres) Bogor, memprediksi kepadatan lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, akan terjadi pada H-5 Idul Fitri.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjan menjelaskan, prediksi tersebut berkaca pada kondisi arus lalu lintas tahun sebelumnya.

"Lonjakan arus lalu lintas itu biasanya terjadi menjelang cuti bersama. Kami prediksi sekitar H-5 lebaran," kata Ketut, Minggu (17/4/2022).

Sejauh ini, Ketut menyebut jika kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak masih cenderung lengang dan terkendali.

Namun begitu, dia memastikan jika pihaknya terus menyiapkan rekayasa lalu lintas seperti satu arah atau one way.

“Karena arus lalu linta cenderung lelang jadi tidak perlu ada rekayasa lalu lintas. Hanya saja kalau sore hari jelang buka puasa kita antisipasi yang mau ngabuburit terjadi lonjakan arus,” katanya.

Sementara, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menuturkan, untuk persiapan pengamanan lalu lintas, pihaknya akan menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

“Jadi secara situasional akan berkembang sesuai situasi yang terjadi pada hari tersebut. Begitupun dengan kebijakan diskresi lalu lintas yang akan kita lakukan sesuai situasi di lapangan,” tuturnya.

Iman menambahkan, untuk kenyamanan, kelancaran, dan keamanan mudik lebaran, segala pengerjaan infrastruktur, seperti pengerjaan dan perbaikan jalan harus sudah selesai sebelum pelaksanaan mudik.

"Pada H-10 sudah tidak boleh ada pengerjaan lagi untuk kelancaran pemudik," tandasnya.

Rekomendasi