Pengamanan Jalur IKN Ditingkatkan Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran, Banyak Pengunjung Ingin Lihat Titik Nol IKN

| 14 Apr 2023 21:11
Pengamanan Jalur IKN Ditingkatkan Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran, Banyak Pengunjung Ingin Lihat Titik Nol IKN
Kapolres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, AKBP Hendrik Eka Bahalwan (ANTARA/Bagus Purwa)

ERA.id - Pengamanan jalur Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Pasar Utara, Kalimantan Timur, ditingkatkan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Jalur IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, menurut Kapolres Penajam Paser Utara, AKBP Hendrik Eka Bahalwan, di Penajam, Jumat, diprediksi akan padat dilalui kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran.

Prediksi kendaraan bakal padat melintas di jalur IKN Indonesia baru tersebut karena akses jalan yang sudah bagus dan mulus dapat mempercepat jarak tempuh dari Kabupaten Penajam Paser Utara ke wilayah Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Masyarakat yang mudik dan balik lebaran akan melalui jalur IKN karena jalan sudah bagus, jadi pengamanan jalur IKN perlu ditingkatkan," ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (14/4/2023).

Posko pengamanan dan pelayanan terpadu bakal ditempatkan di beberapa titik di Kecamatan Sepaku, salah satunya di titik nol IKN Nusantara.

Pada saat mudik dan balik Lebaran perlu diantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di jalur IKN Indonesia baru, jelas Kapolres, dan juga pengunjung yang ingin melihat titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku.

Pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah juga dilakukan mulai jalur Kecamatan Penajam, Waru hingga Kecamatan Babulu.

"Pengamanan dilakukan di pelabuhan penyeberangan di Penajam dan Tunan karena rawan kemacetan serta kecelakaan lalu lintas," ucapnya.

Posko pengamanan dan pelayanan terpadu didirikan di sejumlah titik tersebut ditempatkan personel yang berjaga selama 24 jam mulai tujuh hari sebelum sampai tujuh hari sesudah Lebaran.

Sejumlah wilayah, kata Hendrik Eka Bahalwan, dilakukan pengamanan dan didirikan posko mulai dari pelabuhan penyeberangan hingga titik nol IKN Indonesia baru.

Pengamanan yang dilakukan mengantisipasi jalur mudik dan balik Lebaran yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, hingga tempat keramaian.

Rekomendasi