Tinjau Persiapan Operasi Ketupat, Mahfud MD Imbau Sopir Kendaraan Besar Tak Gunakan Obat-obatan Berbahaya

| 18 Apr 2023 14:36
Tinjau Persiapan Operasi Ketupat, Mahfud MD Imbau Sopir Kendaraan Besar Tak Gunakan Obat-obatan Berbahaya
Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau, supaya sopir kendaraan besar untuk menjaga kondisi tubuh dan tidak menggunakan obat-obatan berbahaya seperti narkoba saat mengemudi.

Hal itu disampaikan saat meninjau persiapan Operasi Ketupat 2023 di Command Center PJR Korlantas Tol Jakarta-Cikampek KM 29, Selaa (18/4/2023).

"Masyarakat harus berhati-hati, terutama untuk pengemudi mobil besar itu supaya jaga badan, jangan menggunakan obat-obatan yang menyebabkan disorientasi seperti narkoba atau obat-obatan yang memacu syaraf," kata Mahfud.

Dia mengingatkan bahaya penggunakan obat-obatan tersebut saat mengemudi, terlebih di momen arus mudik Lebaran.

"Supaya menggunakan yang wajar-wajar saja dan jangan sampai membuat atau menganggu jalannya arus (mudik) ini," ucapnya.

Mahfud menilai, Polri telah mempersiapkan dengan baik Operasi Ketupat di momen Lebaran tahun ini. Dia memastikan seluruh infrastruktur juga sudah siap digunakan oleh para pemudik.

"Saya melihat Kakorlantas sudah sangat-sangat rapi. Saya sudah langsung berhubungan tadi dengan petugas-petugas lapangan di jalan tol, pelabuhan, dan sebagainya, semuanya sudah siap dengan segala antisipasi jika terjadi sesuatu," paparnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menambahkan, lancarnya arus mudik ini tidak hanya kerja dari pemerintah saja, namun juga diperlukan kerja sama dari masyarakat.

"Dimohon kerjasamanya kepada masyarakat. Karena tidak cukup hanya polisi atau Kakorlantas yang menyiapkan, sementara masyarakatnya tidak mau bekerja sama. Selamat berlebaran semuanya, semoga selamat sampai tujuan," pungkasnya.

Rekomendasi