Hari Ini, Warga Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah

| 21 Apr 2023 05:20
Hari Ini, Warga Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah
Ilustrasi pelaksanaan salat id. (Antara)

ERA.id - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023. Maka, warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia akan melaksanakan salat id pada pada hari ini. 

Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat siap menampung 1.000 jamaah untuk shalat id pagi ini.

"Karena Muhammadiyah sudah memutuskan bahwa Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada besok, maka kami akan melaksanakan shalat Id di Lapangan PP Muhammadiyah dengan kapasitas hingga 1.000 jamaah," kata Wakil Ketua Lembaga Dakwah Komunitas PP Muhammadiyah Agus Tri Sundani saat ditemui di Jakarta, Kamis (20/4/2023). 

Jadwal shalat Id yang sudah ditetapkan di Lapangan gedung PP Muhammadiyah adalah pukul 06.30 WIB, dengan Imam sekaligus Khatib Dr. KH. Muhammad Choirin, anggota pimpinan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah yang juga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Agus menuturkan, penentuan 1 Syawal Muhammadiyah ini sudah dilakukan sesuai dengan hisab (perhitungan dimulainya awal bulan kalender hijriah).

"Jadi hari ini telah terjadi ijtimak, yakni bertemunya posisi bulan dan matahari pada satu garis edar. Tadi ijtimak jam 11.15 WIB lepas gerhana matahari," kata Agus.

Perhitungan berikutnya adalah saat matahari tenggelam dan bulan berada di atas ufuk, paling tinggi di atas dua derajat.

"Dengan demikian, karena sudah memenuhi kriteria itu, maka malam ini dan esoknya sudah masuk tanggal baru (1 Syawal)," tutur Agus.

Sedangkan, pemerintah melalui kementerian agama telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 22 April 2023. 

Rekomendasi