KIB Akan Tentukan Masa Depannya Usai Lebaran Setelah Ganjar Jadi Capres PDIP

| 22 Apr 2023 12:00
KIB Akan Tentukan Masa Depannya Usai Lebaran Setelah Ganjar Jadi Capres PDIP
Koalisi Indoesia Bersatu (Antara)

ERA.id - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, Partai Amanat Persatuan (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bakal menggelar rapat koordinasi seusai Lebaran.

Hal tersebut dilakukan untuk mematangkan kebijakan KIB usai PDI Perjuangan mengumumkan mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"PAN setelah berlebaran akan melakukan rapat koordinasi sekaligus silaturahmi idul fitri dengan Golkar dan PPP. Tujuannya untuk mematangkan rencana penetapan kebijakan KIB," ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, dikutip Sabtu (22/4/2023).

Viva mengatakan, PAN menilai pencapresan Ganjar oleh PDIP dapat mempercepat terbentuknya pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta kerja sama politik sesuai dengan syarat pencalonan presiden dan wakil presiden, yaitu presidential threshold 20 persen.

"PAN mengucapkan selamat kepada Mas Ganjar Pranowo yang secara resmi telah dicalonkan sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan," kata Viva. 

"Hal ini tentu akan mempercepat proses terbentuknya pasangan calon melalui kerja sama politik," imbuhnya.

Namun dia tak merinci, apakah rapat koordinasi KIB usai Lebaran akan membahas peluang kerja sama politik dengan PDIP atau tidak. Meski begitu, Viva mengatakan bahwa partainya sangat terbuka bekerja sama dengan partai politik mana pun di Pilpres 2024.

"PAN siap bekerjasama dengan semua partai politik dalam rangka mewujudkan pemilu yang Luber, Jurdil, berkualitas dan berintegritas, serta aman, nyaman, damai, dan bahagia. PAN akan selalu menjadi komponen yang terus memperkuat pilar demokrasi Indonesia," kata Viva.

Sebelumnya, PDI Perjuangan resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

"Dengan mengucapkan Bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDIP," ujar Megawati.

Rekomendasi