Iwan Bule Jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gantikan Sandiaga

| 28 Apr 2023 07:15
Iwan Bule Jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gantikan Sandiaga
Mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi bergabung dengan Partai Gerindra. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi bergabung dengan Partai Gerindra. Dia langsung mendapat jabatan wakil ketua dewan pembina menggantikan Sandiaga Uno. 

Pelantikan Iwan Bule dilakukan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023) malam.

"Tadi kita lantik Pak M Irawan sebagai wakil ketua dewan pembina," kata Prabowo.

Alasannya menlantik Iwan Bule yang baru bergabung dengan partainya sebagai wakil ketua dewan pembina, kata Prabowo, untuk mengisi kekosongan jabatan.

Sambil berkelakar, Prabowo menyebut bahwa jabatan wakil dewan pembina Partai Gerindra memang ada yang kosong lantaran ada kader partainya yang baru saja mengundurkan diri.

Diketahui, sebelumnya jabatan wakil ketua dewan pembina sempat dipegang oleh Sandiaga Uno. Namun, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) itu resmi berpamitan dan memilih berpindah partai politik.

"(Iwan Bule) mengisi lowongan yang ada yaitu ada beberapa lowongan, ada yang meninggal dan ada yang pindah partai. Mungkin saudara paham yang barusan pindah partai," kata Prabowo.

Terpisah, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Desmond J Mahesa tak menampik bahwa bergabungnya Iwan Bule dan mengisi jabatan yang sama denganya itu untuk menggantikan Sandiaga.

"Kalau dilihat jabatannya sebagai wakil ketua dewan pembina, iya (pengganti Sandiaga)," kata Desmond.

Sebelumnya, Diberitakan sebelumnya, Sandiaga menyatakan pamit dari Partai Gerindra. Keputusannya itu dituangkan dalam sepucuk surat untuk Prabowo yang dititipkan kepada Ketua Harian Partai Gerindra.

Surat itu disampaikan saat Sandiaga bersilaruhmi ke kediaman Dasco pada Minggu (23/4).

Kabar Sandiaga hengkang dari Partai Gerindra sudah lama terdengar. Rencananya, dia akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan bahwa Sandiaga berpamitan dari Partai Gerindra. Keputusan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif itu cukup membuatnya kaget.

"Saya terus terang kaget (Sandiaga memilih keluar dari Gerindra)," kata Muzani di Tangerang, Banten, Senin (24/4).

Dia mengatakan, sempat meminta Sandiaga tetap berada di Partai Gerindra dan tidak meninggalkan Prabowo. Muzani juga mengingatkan bahwa Gerindra dan Prabowo sangat berjasa atas karir politiknya selama ini.

Hal itu disampaikan saat Sandiaga bersilaturahmi ke kediaman Prabowo pada Sabtu (22/4).

Menurutnya, saat itu Sandiaga berjanji tidak akan meninggalkan Prabowo dan tetap bersama Gerindra.

"Karena di hari sabtu saya masih ngomong seperti itu di kediaman pak prabowo, “lu jangan pindah, lu jangan tinggalkan pak prabowo,” hari sabtu, dan dia mengatakan “enggak, enggak, enggak, enggak”," kata Muzani.

Rekomendasi