Bareskrim Polri Cari Penyebar Pertama yang Unggah Video Viral Hasil Pemilu 2024

| 01 May 2023 14:52
Bareskrim Polri Cari Penyebar Pertama yang Unggah Video Viral Hasil Pemilu 2024
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Bareskrim Polri menyebut video viral perihal kebocoran data hasil pemilu 2024 merupakan hoaks. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memberi penjelasan terkait hal itu.

"Jadi kemarin memang sudah ada informasi beredar bahwa data yang di KPU itu terjadi kebocoran, namun demikian dari pihak KPU sendiri menyanggah informasi tersebut," kata Dirtipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (1/5/2023).

Adi Vivid menjelaskan pihaknya sedang mencari orang atau pihak yang pertama kali mengunggah informasi hoaks soal hasil pemilu 2024. Penyidik akan melakukan tindak lanjut bila ditemukan dugaan tindak pidana dalam profiling tersebut.

"Kemudian kami juga sudah koordinasi dengan KPU untuk nanti melakukan profilling terhadap siapa yang meng-upload pertama kali kebocoran data tersebut, ini sedang kami lakukan profiling," ujarnya.

Jenderal bintang satu Polri ini pun meminta masyarakat untuk tidak mudah termakan informasi yang belum tentu kebenarannya. Masyarakat diimbau cerdas ketika menggunakan media sosial.

Sebelumnya, beredar sebuah video yang menunjukkan klaim peretasan data oleh hacker bernama Bjorka. Salah satu data yang diklaim dibobol adalah hasil Pemilu 2024.

Video itu salah satunya diunggah oleh akun Twitter @Bams27735590. Dalam video itu bernarasi "bocor lagi, ternyata data KPU 2024 sudah jadi. Rezim bejad".

"Ini data KPU hasil pemilu 2024. Luar biasa, negeri ini memang sakti, pemungutan suara belum dilakukan, hasilnya sudah ditentukan?," tulis akun Twitter @Bams27735590 tersebut dalam cuitannya, dilihat hari ini.

Rekomendasi