Empat Kali Bertemu Surya Paloh, Luhut Pandjaitan: Ngobrolin yang Enak-enak

| 06 May 2023 09:46
Empat Kali Bertemu Surya Paloh, Luhut Pandjaitan: Ngobrolin yang Enak-enak
Surya Paloh dan Luhut Pandjaitan (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2023).

Dari foto yang diterima awak media, terlihat Surya Paloh dan Luhut berbincang santai sembari makan siang. Kedunya juga sempat foto bersama sambil tersenyum lebar. Ditemui usai pertemuan, Luhut mengaku hanya membicarakan hal yang enak-enak saja dengan Surya Paloh.

"Ya kita ngobrolin yang enak-enak saja," kata Luhut.

Menurutnya, pertemuan ini untuk menegaskan bahwa hubungannya dengan Surya Paloh masih sangat baik, kendati memiliki perbedaan pandangan politik terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Diketahui, Partai NasDem telah membentuk Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan PKS. Mereka sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024.

"Kan semua ingin baik-baik, jadi kalau ada perbedaan sana sini saya kira biasa, tapi perkawanan ya tetap saja jalan," kata Luhut.

Dia tak menampik dalam pertemuan itu juga membicarakan soal politik di 2024. Meskipun berbeda pilihan politik, keduanya sepakat untuk melanjutkan pembangunan yang baik di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Tentu akhirnya titik tengahnya itu untuk kepentingan nasional. Kita mau pembangunan yang sudah dibuat Pak Jokowi yang baik, diteruskan keberlanjutannya," kata Luhut.

Terpisah, Surya Paloh mengatakan, selain mengucapkan selamar Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Luhut juga menyampaikan sejumlah pesan dari Prsiden Joko Widodo.

Namun, dia tak menjabarkan lebih rinci apa saja pesan Jokowi yang dititipkan kepada Luhut.

"Silaturahmi saja, Pak Luhut mengucapkan selamat lebaran lah. Ada beberapa pesan dari Pak Jokowi, hal-hal lain itu hal yang baik-baik saja," kata Surya Paloh.

Senada dengan Luhut, menurutnya banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan selama kurang lebih 90 menit itu. tak terkecuali pembicaraan soal politik.

Dia memastikan, hubungan baik antara dirinya dengan Luhut akan terus dijaga dengan baik, meskipun ke depannya berbeda pilihan politik.

"Hubungan yang sudah baik terbina selama ini harus mampu dipertahankan, untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi proses pembangunan bangsa ini," katanya.

Diketahui, pertemuan ini merupakan yang keempat kalinya dilakukan oleh Surya Paloh dan Luhut. Keduanya pernah bertemu di akhir 2022 saat sama-sama sedang berada di Inggris.

Pertemuan kemudian berlanjut di NasDem Tower dan Wisma Nusantara.

Rekomendasi