Anak Puan Maharani Jadi Caleg DPR RI dari PDIP

| 11 May 2023 16:11
Anak Puan Maharani Jadi Caleg DPR RI dari PDIP
Anak Puan Maharani, Pinka Haprani. (Istimewa)

ERA.id - PDI Perjuangan mendaftarkan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani sebagai salah satu bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto usai menyerahkan daftar bacaleg dari partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

"Mbak Puan kembali dicalonkan," kata Hasto.

Puan kembali didaftarkan sebagai bacaleg karena dinilai memiliki rekam jejak yang panjang. Putri kandung Presiden kelima RI itu pernah menjabat sebagai menteri koordinator bidang pemberdayaan manusia dan kebudayaan (menko PMK), dan kini ditugaskan sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024.

"Sosok yang telah melalui penugasn secara berjenjang, dan beliau menjadi ketua DPP bidang politik, Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya berhasil sebagai menko PMK termuda, dan juga ketua DPR RI perempuan yang pertama," katanya.

Selain itu, putri kandung Puan Maharani yaitu Diah Pikatan Orissa Putri Haprani atau akrab disapa Pinka juga mendaftar sebagai bacaleg dari PDIP.

Menurutnya, Pinka sudah mengikuti proses kaderisasi dari bawah. Bahkan pernah menginap di Sekolah Partai selama tiga hari.

"Mbak Pinka yang memang telah mengikuti proses kaderisasi, tinggal di sekolah partai selama tiga hari. Mereka yang telah mengikuti itu, dicalonkan," kata Hasto.

Hasto mengatakan, langkah Pinka terjun ke dunia politik merupakan salah satu cara PDIP melakukan rekrutmen. Menurutnya, hal yang biasa apabila proses kaderisasi dilakukan di dalam keluarga.

"Partai terus melakukan rekrutmen melalui proses pendidikan politik dan kederisasi. Dan proses rekrutmen itu memang berasal dari keluarga, itu suatu kultur yang terbangun," pungkasnya. 

Rekomendasi