PPP Beri Sinyal PAN Bakal Dukung Ganjar, Deklarasinya Setelah 14 Mei

| 13 May 2023 09:35
PPP Beri Sinyal PAN Bakal Dukung Ganjar, Deklarasinya Setelah 14 Mei
Ganjar Pranowo (Dok. Ganjar)

ERA.id - PPP memberi sinyal kalau PAN bakal ikut mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi alias Awiek mengatakan, informasi tersebut sempat diungkapkan sejumlah elite PAN kepadanya.

"Ya dengan PAN, sejumlah elite memang komunikasi, sebagian bilang 'kayanya capres kita sama dengan ente'," kata Awiek di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Namun, PPP tak pernah mengajak apalagi memaksa rekannya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu untuk satu suara perihal pilihan capres yang akan diusung di Pilpres 2024.

Partai berlambang Kakbah itu menyerahkan sepenuhnya kepada PAN untuk melakukan mekanisme penentuan capres-cawapres sesuai internal partai tersebut.

"Tetapi ya sudah, itu terserah PAN, apakah mekanisme pengambilan keputusannya, kita serahkan ke PAN," kata Awiek.

"PPP tidak dalam rangka mengajak-ngajak, tidak dalam rangka memaksa. Ada sejumlah petinggi di PAN bahkan pernah jadi pimpinan fraksi, gitu kan, ngobrol sama saya 'kita sama ini ayok'. Ya yasudah, berarti mengkonfirmasi apa yang disampaikan temen-temen soal informasi tersebut," imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi bahkan membenarkan kabar bahwa PAN bakal bergabung mendukung Ganjar di Pilpres 2024.

Dia bahkan mengonfirmasi bahwa deklarasi dukungan PAN untuk Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024 akan dilakukan setelah pendaftaran calon anggota legislatif (bacaleg) ditutup pada 14 Mei 2023 mendatang.

"Insyaallah, jika semua berjalan lancar, apa yang diprediksi, apa yang disebut-sebut itu, Insyaallah benar, ya semoga," kata Arwani.

PPP, kata Arwani, tentunya merasa senang bila PAN akhirnya memiliki keputusan politik yang sama. Namun, partainya juga akan tetap menghormati apapun nantinya yang menjadi keputusan politik PAN.

"Jika benar, ya tentu ikut senang. Karena bisa bareng-bareng. Sekali lagi, kami menghormati keputusan sahabat-sahabat yang ada di parpol," pungkasnya.

Rekomendasi