Kantor Kemensos Digeledah KPK, Risma: Bansos Tidak Lagi Berupa Barang

| 24 May 2023 20:15
Kantor Kemensos Digeledah KPK, Risma: Bansos Tidak Lagi Berupa Barang
Risma (Dok: Antara)

ERA.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa bantuan sosial (bansos) dari pemerintah selama masa kepemimpinannya tidak lagi dalam bentuk barang. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Mensos Risma, mengatakan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mengubah penyaluran bansos dalam bentuk uang pada 2021 menjadi perintah bagi dirinya.

“Karena saya memegang arahan bapak presiden bahwa jangan bantu bentuk barang, tapi bantu bentuk uang. Itu saya pegang,” kata Risma, dikutip Antara.

Dengan adanya arahan dari Jokowi, mulai 2021 tidak ada bansos beras yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Mensos Risma juga secara tegas menolak untuk memberikan bansos dalam bentuk barang.

Mensos mengatakan pengawasan penyaluran dalam bentuk barang pasti lebih rumit dan akan memakan waktu. Seperti halnya program pemerintah beberapa waktu lalu untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng maupun BLT BBM diwujudkan dalam bentuk uang bukan barang.  

"Penyaluran bantuan dengan uang akan lebih memudahkan pengawasannya. Jadi nanti kalau ada 2020 ada bansos beras itu bukan dari Kemensos. Saya sudah enggak mau kalau bentuk barang," ujar Mensos Risma.

Dia juga menegaskan bila ada program bansos beras 2021, hal itu bukan dilakukan oleh Kemensos.

Sebelumnya, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Kemensos pada Selasa (23/5) untuk mengambil data dokumen dan alat bukti berkaitan dengan kasus dugaan korupsi penyaluran bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020-2021.

Adapun kantor yang dilakukan penggeledahan KPK yakni ruangan Sekretaris Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial. KPK membawa sejumlah dokumen dan alat bukti seperti notebook dan ponsel.

Tags : kemensos risma kpk
Rekomendasi