Ini Alasan Partai Hanura Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres

| 30 May 2023 18:39
Ini Alasan Partai Hanura  Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres
Ilustrasi Partai Hanura (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang atau akrab disapa OSO, mengungkapkan alasan partainya mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Hal itu diungkapkan OSO di hadapan ratusan anggota DPRD Hanura se-Indonesia dan DPD Hanura Jawa Tengah, saat mengikuti Workshop Nasional Hanura di Hotel Po, Kota Semarang pada Senin (29/5) malam.

Kegiatan bertema 'Membangun Daerah dengan Hati Nurani untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat Indonesia' itu juga dihadiri langsung oleh Ganjar Pranowo, yang datang dengan mengenakan batik berwarna merah.

OSO menyebutkan telah lama mengenal sosok Ganjar, baik secara personal maupun kepemimpinan. Dia pun mengakui Gubernur Jawa Tengah dua periode itu sebagai pemimpin yang sederhana, tidak neko-neko dan selalu melakukan kerja nyata untuk rakyat.

"Tidak ada (keraguan dukung Ganjar). Ganjar ini kan orang kerja, setahu saya ini orang tidak bisa diam (selalu kerja) makanya badannya kurus seperti Pak Jokowi," ujar OSO di lokasi.

OSO mengatakan, Hanura adalah partai pertama yang mendeklarasikan dukungan ke Ganjar, setelah bacapres berambut putih itu resmi diusung oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tanggal 21 April 2023 di Istana Batu Tulis Bogor.

Sore hari setelah pencalonan tersebut, Hanura langsung mengadakan rapat seluruh ketua DPD Hanura se-Indonesia. OSO menyampaikan hasil rapat seluruh DPD Hanura menyatakan sepakat mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

"Itu bukan saya yang putuskan, itu keputusan semua DPD seluruh Indonesia. Bukan saya, saya cuma ikut saja sebagai pemimpin kan harus mendengar omongan dari daerah-daerah," kata OSO.

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan penuh yang diberikan Hanura sejak pertama kali resmi dicapreskan oleh Mega.

"Tentu ini penghormatan yang luar biasa karena memang sehari setelah pengumuman (capres) PDI Perjuangan, sorenya Hanura menyampaikan itu (dukungan) jadi setelah dukungan diberikan, kami melakukan konsolidasi," ucap Ganjar.

Ganjar berharap, dukungan yang diberikan Hanura dapat menyatukan visi dan misi antar kader untuk saling berkoordinasi dan menjalin komunikasi lebih lanjut terkait kerja sama politik antar partai.

"Kami di acara hari ini juga komunikasi dengan DPP PDI Perjuangan, maka kami datang dan hadir untuk menyatukan semangat, sekaligus ada sharing sessions dari pengalaman yang bisa kita bawa," tutur Ganjar.

"Mudah-mudahan ini jadi kerja sama antar partai yang baik untuk kemaslahatan bersama," lanjut Ganjar.

Sebagai informasi, pada kesempatan itu turut hadir sejumlah elite partai Hanura yakni Sekretaris Jenderal Kodrat Shah, Bendahara Umum Halim Shahab, Wakil Ketua Umum Harian Herry Lontung dan Wakil Ketua Umum Benny Rhamdani.

Rekomendasi