DPR Siap Jalankan Putusan MK soal Pemilu Terbuka

| 16 Jun 2023 09:22
DPR Siap Jalankan Putusan MK soal Pemilu Terbuka
ILUSTRASI. DPR RI membuka Rapat Paripurna ke-22 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (16/5/2023). (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - DPR RI mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak uji materi terkait sistem pemilu tertutup. MK memutuskan pemillu tetap menggunakan sistem proporsional terbuka atau pilih calon anggota legislatif (caleg).

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, parlemen siap melaksanakan putusan itu. "Kami di DPR sepenuhnya menghormati dan siap menjalankan amanah putusan dari Mahkamah Konstitusi. DPR RI taat pada konstitusi negara," kata Puan dalam keterangannya, dikutip Jumat (16/6/2023).

DPR RI juga mendorong semua pihak untuk menaati konstitusi dengan menerima putusan dari MK. "Dalam semangat kebersamaan, semua pihak berupaya membangun demokrasi berkualitas yang mewujudkan keadilan, keterwakilan yang baik, dan kebebasan berpendapat," ucap Puan.

Menurutnya, hal tersebut diperlukan demi mendorong kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024. Ia juga menekankan agar KPU dan Bawaslu bekerja sama dengan Pemerintah, DPR, serta aparat keamanan untuk untuk memastikan kelancaran proses demokrasi tersebut.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan Pemilu dengan gembira dan damai, sehingga pesta demokrasi tahun depan akan berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Puan.

Mantan Menko PMK itu menambahkan, Pemilu adalah tonggak penting dalam menjaga keseimbangan kekuasaan dan memberikan suara kepada rakyat untuk menentukan masa depan mereka. Oleh sebab itu, Puan berharap Pemilu 2024 akan menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersatu dalam semangat demokrasi.

“Mari saling menghormati perbedaan pendapat dan berdialog dengan baik. Kita rayakan Pemilu 2024 dengan semangat untuk memajukan Indonesia tercinta,” ucap Puan.

“Saya percaya bahwa melalui pemilu yang demokratis, setiap suara akan didengar, dan keputusan akan diambil berdasarkan kepentingan kolektif dan kesejahteraan seluruh bangsa," lanjutnya.

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan itu menyebut Pemilu 2024 akan menjadi ajang di mana calon pemimpin Indonesia dapat dengan jelas menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya kepada rakyat.

"Kami meyakini, seluruh calon pemimpin adalah agen terbaik Indonesia yang berkomitmen untuk membangun negara yang lebih baik, mengutamakan kepentingan rakyat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, keadilan, dan kesejahteraan sosial," pungkasnya.

Rekomendasi