Sindir Sulitnya Ujian Praktek SIM, Kapolri: Yang Lolos dari Situ Pasti Bisa Jadi Pemain Sirkus

| 21 Jun 2023 16:53
Sindir Sulitnya Ujian Praktek SIM, Kapolri: Yang Lolos dari Situ Pasti Bisa Jadi Pemain Sirkus
Ilustrasi ujian praktek SIM (Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seolah menyindir orang-orang yang lulus dalam ujian praktik pembuatan SIM, bisa menjadi pemain sirkus.

Awalnya, Listyo meminta Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi untuk memperbaiki ujian praktik pembuatan SIM.

"Tolong untuk lakukan perbaikan. Yang namanya (tes melewati) angka 8 itu masih sesuai atau tidak, yang melewati zig zag itu sesuai atau tidak. Kalau sudah tidak relevan tolong diperbaiki," kata Listyo saat memberi sambutan di acara Upacara Wisuda Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Rabu (21/6/2023).

Jenderal bintang empat Polri ini menjelaskan hal yang paling penting ketika masyarakat membuat SIM ialah bagaimana dia menghargai keselamatan para pengguna jalan dan memiliki keterampilan saat mengendarai kendaraannya.

Dia tidak ingin ujian praktik pembuatan SIM dipaksakan hingga memunculkan pungutan liar (pungli).

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menyebut orang-orang yang sekarang ini lulus dari ujian praktik pembuatan SIM bisa menjadi pemain sirkus.

"Saya kira kalau saya uji dengan tes yang ada ini, mungkin dari 200 ini yang lulus paling 20. Bener nggak? Nggak percaya? Atau hari ini langsung saya bawa ke Daan Mogot, kalian langsung saya uji, ya. Karena kalau yang lolos dari situ, pasti nanti bisa jadi pemain sirkus. Jadi hal-hal yang begitu kita perbaiki ke depan," ucap Listyo.

Rekomendasi