Pemkot Tangerang Bakal Bantu Urus Jenazah Penderita Obesitas Fajri: Kami Siap Personel dan Alat

| 22 Jun 2023 13:14
Pemkot Tangerang Bakal Bantu Urus Jenazah Penderita Obesitas Fajri: Kami Siap Personel dan Alat
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni. (ANTARA/HO)

ERA.id - Pemerintah Kota Tangerang di Provinsi Banten siap membantu pengurusan jenazah Moch Fajri Rifana (26), penderita obesitas yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Kamis dini hari.

"Kami siap siaga (membantu) mulai dari penjemputan, proses pengangkutan jenazah, hingga proses pemakaman," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni dalam keterangan persnya di Tangerang dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

Menurut dia, Fajri telah meninggal pada Kamis (22/6) pukul 01.25 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Dinas Kesehatan Kota Tangerang, ia mengatakan, berkoordinasi dengan pengelola RSCM untuk membantu pengurusan jenazah Fajri.

"Dalam hal ini, Dinkes siap bantu apa yang dibutuhkan sesuai arahan RSCM atau pun keluarga," kata Dini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono mengatakan bahwa BPBD juga siap membantu penanganan jenazah Fajri.

"Kami sudah siap, baik personel maupun alat, jika dibutuhkan. Tinggal menunggu arahan dari RSCM dan keluarga pastinya," kata Maryono.

Rumah Sakit Umum Kota Tangerang merujuk Fajri ke RSCM karena penderita obesitas tersebut hanya bisa tergolek di tempat tidur sehingga badannya terus membesar setelah mengalami kecelakaan lalu lintas sekitar tiga tahun lalu.

Menurut data Rumah Sakit Umum Kota Tangerang, berat badan pria asal Kecamatan Larangan itu lebih dari 260 kilogram sebelum dirujuk ke RSCM. Tim medis RSCM memperkirakan berat badan Fajri mencapai sekitar 300 kilogram.

Rekomendasi