Pergerakan WNI ke Luar Negeri Naik 11 Persen Saat Libur Sekolah

| 28 Jun 2023 21:02
Pergerakan WNI ke Luar Negeri Naik 11 Persen Saat Libur Sekolah
Ilustrasi bandara (Antara)

ERA.id - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat pergerakan arus Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi ke luar negeri melalui transportasi udara meningkat 11 persen selama masa libur sekolah dan Idul Adha 1444/2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto di Tangerang, Rabu, mengatakan tren peningkatan arus keberangkatan ke luar negeri tersebut sudah mulai terjadi sejak 15 Juni hingga 19 Juni 2023.

"Tren peningkatan arus keberangkatan berkisar 2-11 persen setiap harinya, sedangkan untuk arus kedatangan WNI peningkatannya berkisar di angka 10 persen," katanya dikutip dari Antara.

Sedangkan, kata dia, untuk pergerakan arus masuk Warga Negara Asing (WNA) mengalami peningkatan sebanyak tujuh persen yang terhitung melalui data perlintasan Keimigrasian sejak tanggal 15 Juni sampai 18 Juni 2023.

"Dalam data arus WNA yang keluar wilayah Indonesia tidak mencatat pergerakan yang signifikan," ujarnya.

Menurutnya, progres pergerakan WNI yang ke luar ataupun masuk wilayah Indonesia terlihat lebih signifikan dibandingkan pergerakan WNA. Terlebih, selain memasuki masa liburan sekolah, juga terdapat libur panjang akhir pekan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha dan penambahan cuti bersama.

"Progres perlintasan WNI lebih signifikan sesuai periode, karena memang jadwalnya liburan sekolah dan didukung penambahan cuti bersama, cukup banyak WNI memilih liburan ke luar negeri, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan momen Idul Adha ini untuk pulang ke kampung halaman," katanya.

Rekomendasi