Gempa Tektonik M4,3 Guncang Sumur Banten, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Dasar Laut

| 30 Jun 2023 10:20
Gempa Tektonik M4,3  Guncang Sumur Banten, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Dasar Laut
Lokasi titik gempa bumi di daerah Sumur Batu, Banten. (BMKG)

ERA.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, bahwa wilayah Sumur Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Selasa, 27 Juni 2023 pukul 20:32:59 WIB. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter terletak pada koordinat 6.95 LS dan 105.4 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km Barat Daya Sumur-Banten pada kedalaman 14 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Dasar Laut (Intraplate earthquake)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kec. Sumur dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Kemudian, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Kec. Munjul dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujarnya.

Rekomendasi