Bupati Penajam Paser Minta Pendidikan Penyangga IKN Ditingkatkan, Harus Sesuai Standar Ibu Kota Negara

| 06 Jul 2023 17:44
Bupati Penajam Paser Minta Pendidikan Penyangga IKN Ditingkatkan, Harus Sesuai Standar Ibu Kota Negara
Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Hamdam Pongrewa (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

ERA.id - Pemerintah pusat diharapkan membantu meningkatkan kualitas pendidikan pada daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga dapat menunjang ibu kota negara Indonesia baru itu.

"Pemerintah pusat harus sudah mulai mempersiapkan kualitas pendidikan di daerah penyangga dengan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur," kata Bupati Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Hamdam Pongrewa di Penajam dikutip dari Antara, Kamis (6/7/2023).

"Sektor pendidikan di daerah asal IKN dan daerah sekitarnya harus menjadi perhatian, lanjut dia, karena keberadaan IKN menuju pada peradaban baru," katanya.

Percepatan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Penajam Pasar Utara dan daerah penyangga lainnya harus dilakukan, sebab mempersiapkan sekolah sesuai standar ibu kota negara.

Menurut dia, sekolah yang representatif dan kompatibel dengan IKN tidak lagi keberadaan sekolah dengan kondisi seperti saat ini.

Peningkatan layanan publik lainnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan daerah penyangga, juga harus mendapat dukungan percepatan peningkatan kualitas dari pemerintah pusat.

Dengan pemindahan IKN peningkatan kualitas pendidikan dan fasilitas umum lainnya, serta infrastruktur sangat perlu dipersiapkan secara bertahap sebelum pegawai dan pejabat negara pindah ke Kota Nusantara dan sekitarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sangat mendukung percepatan kualitas khususnya sektor pendidikan dan kesehatan yang harus dilakukan pemerintah pusat secepatnya.

"Tentunya peningkatan kualitas pendidikan dan fasilitas umum lainnya itu dengan pertimbangan kepindahan pegawai dan pejabat negara," jelasnya.

"Pemerintah pusat harus mulai persiapkan sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat sejak dini, " tambahnya.

Kepindahan IKN diharapkan juga membawa kemajuan dan perkembangan daerah asal ibu kota negara Indonesia baru dan daerah penyangga lainnya, demikian Hamdam Pongrewa.

Rekomendasi