Didorong Tembus Pasar Global, PAN Minta Para UMKM Lokal Optimalkan Penggunaan Media Sosial

| 08 Jul 2023 18:14
Didorong Tembus Pasar Global, PAN Minta Para UMKM Lokal Optimalkan Penggunaan Media Sosial
Bendera PAN. (Antara)

ERA.id - Partai Amanat Nasional (PAN) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah pemasaran di era digital. Sebab PAN melihat potensi besar yang dimiliki UMKM lokal dapat menembus pasar global.

“Sangat besar kemungkinan bagi kita untuk memanfaatkan media sosial pada ruang internet untuk menjangkau pasar global,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN Dapil Lampung II, Alimin Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

PAN melihat potensi yang besar jika UMKM mau masuk ke dunia digital. Berdasarkan riset Google yang menyebut nilai ekonomi lokal pasar mencapai US$59 miliar pada 2022, setara 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia yang besarnya US$77 miliar.

Selain itu, tambah dia, upaya mendorong digitalisasi UMKM selaras dengan program Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum PAN. Ditargetkan penerapan digitalisasi mencakup 1.000 pasar rakyat dan 1 juta UMKM.

“Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya selaku pengguna internet yang aktif. Salah satu dari manfaat internet,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menyebut, PAN turut mengimbau masyarakat luas agar dapat menggunakan dunia digital dan juga media sosial dengan bijak. Sebab, dunia digital dan media sosial seperti pisau bermata dua, bisa mempermudah dan menyulitkan hidup, tergantung bagaimana masyarakat menggunakannya.

“Media sosial sangat mempermudah kehidupan kita pada zaman sekarang ini,” pungkas Abdullah.

Tags : pan umkm medsos
Rekomendasi