PDIP Bakal Meleyot Jika Jokowi Terus Endorse Prabowo?

| 09 Jul 2023 10:42
PDIP Bakal Meleyot Jika Jokowi Terus Endorse Prabowo?
Prabowo Subianto melaksanakan salat Idul Adha. (Dok. Prabowo)

ERA.id - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai dukungan Presiden Jokowi mengarah kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada Pemilihan Presiden 2024.

Menurut Adi, sikap politik Jokowi belum sepenuhnya berlabuh kepada bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Sikap politik Jokowi belum sepenuhnya kepada Ganjar Pranowo, karena apa pun pada saat yang bersamaan pendukung Prabowo Subianto dan Gerindra mengklaim pilihan politik Jokowi pada 2024 mengarah kepada Prabowo," kata Adi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu (9/7/2023).

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kedekatan Jokowi dan Prabowo memengaruhi elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres yang cenderung meningkat.

"Dan itu yang menjelaskan kenapa elektabilitas Prabowo Subianto relatif naik sekarang begitu ketat dengan Ganjar Pranowo," ujarnya.

Adi menyebut elektabilitas Prabowo Subianto yang meningkat belakangan ini merupakan berkah politik dari kemesraan dan kedekatan Menteri Pertahanan tersebut dengan Jokowi.

"Artinya ada berkah politik yang didapatkan oleh Gerindra dan efek kemesraan dan kedekatan yang selalu ditunjukkan Jokowi dengan Prabowo Subianto dalam kondisi begini," imbuhnya.

Apabila situasi ini terus terjadi hingga Februari 2024, Adi menilai akan ada pengaruh negatif terhadap Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan. "Yang dirugikan tentu Ganjar Pranowo tentu PDIP, karena dianggap Jokowi itu tidak sepenuhnya ke PDIP dan Ganjar Pranowo," tambahnya.

Survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) pada 5 hingga 13 Juni 2023 menyebut Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dalam simulasi tiga nama capres dengan raihan elektabilitas mencapai 37,2 persen.

Sementara Anies Baswedan menyusul di urutan kedua dengan meraih dukungan mencapai 31,5 persen dan diikuti Ganjar Pranowo yang meraup suara 26,8 persen.

Rekomendasi