Alat Medis Tak Memadai, Pria Obesitas Berbobot 200 Kilogram Asal Kota Tangerang Dirujuk ke RSCM

| 11 Jul 2023 18:44
Alat Medis Tak Memadai, Pria Obesitas Berbobot 200 Kilogram Asal Kota Tangerang Dirujuk ke RSCM
Evakuasi BPBD terhadap Cipto Raharjo (45) warga Kota Tangerang yang mengalami obesitas dirujuk ke RSCM, Jakarta. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Cipto Raharjo (45) pria obesitas berbobot 200 kilogram warga Tirtayasa, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Hal ini lantaran peralatan medis di RSUD Kota Tangerang untuk menangani obesitas tidak memadai.

"Kita rujuk ke RSCM karena di sana punya peralatan yang lebih lengkap. Perawatannya pun lebih efektif," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang, Amir Ali kepada wartawan, Selasa (11/7/2023).

Amir mengatakan, selain itu penanganan terhadap Cipto harus ekstra hati-hati dan membutuhkan dokter spesialis yang khusus menangani obesitas. Dokter spesialis yang dimiliki di RSUD Kota Tangerang pun kurang memadai dalam penangangan kasus itu.

"Pasien dengan obesitas berat itu harus penanganan yang lebih efektif. Nah di RSCM itu lengkap. Butuh dokter spesialisnya seperti konsulen endokrin, terus dokter gizi yang lebih efektif lagi," paparnya.

Amir menuturkan, meski dirujuk ke RSCM, Cipto dalam penanganan di RSUD Kota Tangerang dilakukan dengan serius. Hal itu dibuktikan dari kondisi Cipto yang membaik dari sebelumnya sangat lemah.

"Kenapa baru dirujuk, kita mau stabilisasi dulu pasien. Karena dirujuk itu harus stabil dulu. Kondisinya stabil saat kita periksa, bagus tidak ada kendala tadi juga proses pengangkutan ke truk pemadam kebakaran cepat," jelasnya.

"Diagnosanya masih sementara bahasanya obesitas berat, kalau penyakit dalam didapati ya pasti ada penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Tapi kita telah lakukan pemeriksaan itu semua," tukasnya.

Rekomendasi