Kasus Dugaan Pungli Seleksi Wasit di Liga 1 dan 2, Bareskrim Polri Panggil Erick Thohir

| 17 Jul 2023 15:53
Kasus Dugaan Pungli Seleksi Wasit di Liga 1 dan 2, Bareskrim Polri Panggil Erick Thohir
Gedung Bareskrim Polri. (Antara)

ERA.id - Bareskrim Polri menyelidiki kasus dugaan adanya pungutan liar (pungli) dalam proses seleksi wasit untuk pertandingan Liga 1 dan 2.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah menjelaskan Satgas Anti Mafia Bola memanggil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir untuk dimintai keterangan terkait kasus ini, pada Senin (17/7/2023) hari ini.

Namun, Erick Thohir tak memenuhi panggilan itu dan menunjuk penggantinya untuk memberikan keterangan kepada penyidik.

"Bahwa Satgas Anti Mafia Bola pada hari ini, Senin 17 Juli 2023 mengundang Ketua PSSI. Namun yang ditunjuk beliau untuk menghadiri undangan tersebut adalah saudara A yang merupakan Direktur Perwasitan PSSI ke Bareskrim Polri," kata Nurul kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

Diketahui, dugaan adanya pungli seleksi wasit ini diungkapkan oleh Football Institute. Menurut mereka, hal tersebut diindikasikan dengan adanya dugaan kebocoran soal Law of The Game (LOTG) dalam seleksi wasit. 

Dugaan itu muncul karena sejumlah wasit mendapat nilai sempurna dalam LOTG, sementara untuk video test dan fitness test buruk.

Dalam seleksi wasit Liga 1 lalu, penilaian kelulusan seleksi wasit ditentukan oleh tiga variabel yakni tes LOTG dengan bobot 20 persen, video test (20 persen), dan fitness test (60 persen).

Rekomendasi