PPP Pasang Wajah Baru di Wamenag karena Tersinggung Anak Zainut Gabung Perindo?

| 18 Jul 2023 10:01
PPP Pasang Wajah Baru di Wamenag karena Tersinggung Anak Zainut Gabung Perindo?
Mantan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi.

ERA.id - Berembus isu kalau terdepaknya Zainut Tauhid Sa'adi dari jabatan Wakil Menteri Agama, karena putranya, Najmi Mumtaza Rabbany, bergabung ke Partai Perindo. PPP pun disinyalir menjadi kreator atas kebijakan itu.

Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menepis isu tersebut.

"Enggak ada, kami enggak ada. Tentu Pak Presiden sebagai yang memiliki hak prerogratif, ya, tentu mengambil keputusan melalui penelaahaan yang luas, tidak semata-mata dari partai," ucap Mardiono, Senin kemarin.

Mardiono menyatakan reshuffle atau perombakan di jajaran pembantu presiden merupakan suatu hal yang wajar. Dia mengaku juga pernah merasakan hal serupa.

"Itu 'kan soal pergantian itu sudah menjadi kebiasaan," ujar Mardiono.

Zainut merupakan kader PPP. Namun, pada hari Senin, Zainut resmi digantikan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag. Saiful merupakan kolega Zainut di PPP.

Pada hari Senin, Presiden RI Jokowi melantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024.

Saiful menegaskan bahwa kerjanya akan searah dengan apa yang diinginkan Presiden Jokowi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan ada permintaan dari internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) atas penggantian tersebut.

"Itu ada permintaan dari partai," kata Presiden Jokowi saat ditanya soal penggantian jabatan Wamenag.

Rekomendasi