Ban Kiri Pecah, Pesawat Smart Air Alami Crash Landing di Bandara Bilorai Sugapa Papua

| 21 Jul 2023 22:46
Ban Kiri Pecah, Pesawat Smart Air Alami Crash Landing di Bandara Bilorai Sugapa Papua
Pesawat Smart Air dengan registrasi PK-SNI mengalami crash landing (Dok Istimewa)

ERA.id - Pesawat Smart Air dengan registrasi PK-SNI mengalami crash landing di Bandara Bilorai Sugapa, Kampung Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Jumat (21/7/2023) sekira pukul 10.27 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan pesawat ini crash landing karena ban kiri alat transportasi udara ini pecah saat melakukan pendaratan. Sebelumnya, pesawat ini sempat melakukan kontak pertama dengan ATC Kopasgat untuk persiapan pendaratan di Bandara Bilorai Sugapa.

"Namun, setelah melakukan touch pertama di landasan pacu dengan jarak sekitar 10 meter, ban kiri pesawat mengalami pecah, menyebabkan pesawat kehilangan kendali dan mengalami crash landing ke arah utara landasan pacu utama," kata Benny kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Personel Polres Intan Jaya bersama Satgas Kopasgat langsung menuju TKP untuk melakukan pengamanan usai menerima informasi jika ada pesawat Smart Air yang mengalami crash landing. Hasil pemeriksaan, pesawat ini diisi pilot, tiga penumpang dan membawa sejumlah barang di bagasi.

"Saat ini, seluruh penumpang dan pilot dinyatakan dalam keadaan sehat dan aman," ucapnya.

Tim teknisi tiba di Sugapa untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan pesawat Smart Air PK-SNI. Selama proses perbaikan berlangsung, pesawat tersebut akan diawasi ketat oleh petugas keamanan.

Benny menyebut insiden crash landing ini menjadi perhatian serius bagi pihak berwenang dan maskapai penerbangan untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam operasional penerbangan di wilayah Papua.

"Tim teknisi akan melakukan investigasi mendalam untuk mengidentifikasi penyebab pecahnya ban kiri pesawat dan memastikan langkah-langkah pencegahan dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang," ujar Benny.

Rekomendasi